Bangun Jalan Poros, Masyarakat Pulau Mandangin Rasakan Manfaat Dana Desa

0
61
Jalan Poros Desa Pulau Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang manfaatnya dirasakan oleh warga setempat. (MWF/MI)

maduraindepth.com – Infrastruktur jalan di Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang, saat ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satunya pembangunan jalan poros berupa jalan rabat beton sepanjang 1.315 meter.

Jalan yang dibangun melalui Dana Desa (DD) tahun 2019 ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Sebab, selain untuk mempercepat akses transportasi, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau berpenduduk sekitar 20 ribu jiwa ini.

“Alhamdulillah dengan adanya jalan rabat beton ini, sangat membantu kelancaran transportasi. Sekarang transportasi lebih cepat,” ujar Ilham, warga dusun Kramat Desa Pulau Mandangin, Senin (2/12/2019).

Pria yang berprofesi sebagai abang becak ini menjelaskan, penghasilan setiap harinya berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu setiap hari. Hal itu kata dia, karena didukung oleh infrastruktur jalan yang bagus.

“Infrastruktur jalan di desa Pulau Mandangin sekarang lebih bagus dibanding sebelumnya, disamping juga membuka lapangan kerja baru bagi pengemudi becak,” ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkan Hj Tija, warga dusun Barat Pulau Mandangin. Menurut dia, jalan rabat beton di Pulau Mandangin sangat membantu mempercepat tranportasi, terutama mengangkut barang dari kapal ke darat. “Terimakasih kepada pemerintah karena jalan poros ini sangat bermanfaat bagi pedagang kecil seperti saya,” ucapnya.

Sementara itu Birrul Walidain, warga dusun Kramat menyampaikan bahwa kualitas jalan rabat beton di Pulau Mandangin sangat bagus. Hal ini kata dia, dapat mempermudah akses transportasi di darat yang sebelumnya banyak dikeluhkan oleh warga.

“Kita lihat sendiri manfaatnya bagi masyarakat, terutama para pengemudi becak dan pick up yang setiap hari mengangkut barang maupun orang,” jelasnya.

Walid berharap, kedepan seluruh jalan kecil di pelosok kampung juga diperbaiki, “kalau bisa dirabat beton aja biar kuat, jangan dipaving,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pulau Mandangin, Saiful Anam mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membangun infrastruktur desanya sesuai dengan arahan dari pemerintah kabupaten. “Selain infrastruktur, SDM juga kami tingkatkan dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” singkatnya. (AW)