Antisipasi Kekeringan, PDAM Sampang Manfaatkan Geo Elektromagnetic Satellite Scan

0
45
Antisipasi Kekeringan, PDAM Sampang Manfaatkan Geo Elektromagnetic Satellite Scan
PDAM Tirta Dharma Sampang manfaatkan teknologi Geo Elektromagnetic Satellite Scan. (Foto: MH/MI)

maduraindepth.com – Pada musim kemarau biasanya masyarakat kesulitan air bersih. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Trunojoyo, Sampang, Madura, Jawa Timur, akan memanfaatkan Geo Elektromagnetic Satellite Scan.

Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Sampang, H. Yazid Sholihin mengatakan, sebagai langkah awal pihaknya akan menghimbau masyarakat untuk menggunakan air secara bijak.

“Secara otomatis ketersedian air yang ada akan ditekan melalui hal itu,” kata Yazid, Selasa (9/7/2019).

Yazid mengungkapkan, jika pada tahun ini dikhawatirkan terjadi kemarau panjang yang berujung kekeringan, pihaknya telah berupaya mencari titik sumber baru. Teknologi yang digunakan dalam hal ini adalah Geo Elektromagnetic Satellite Scan.

“Yakni alat untuk melihat potensi air lewat satelit,” tandasnya.

Pemanfaatan Geo Elektromagnetic Satellite Scan ini, lanjut Yazid, telah dilakukan di dua titik berbeda. Yakni, di Kelurahan Banyuanyar dan Kelurahan Rongtengah.

Sayangnya, langkah ini belum terealisasi lantaran masih menunggu hasil dari Geo Elektromagnetic Satellite Scan. “Jika melalui Geo kita temukan debit air 5 liter per detik ke atas, maka kami lakukan pengeboran,” tandasnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga masih berkoordinasi dengan pemerintah setempat melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP). (MH/AW)