Akibat Covid-19 Wisata di Sumenep Ditutup, Kadisparbudpora : Sementara Saja

Istimewa

maduraindepth.com – Merambahnya virus corona atau covid-19 ke Indonesia, membuat sebagian aktifitas pemerintahan berhenti. Hal itu juga berlaku pada tempat destinasi wisata. Utamanya yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Bambang Irianto, menegaskan bahwa pihaknya akan menutup destinasi wisata yang ada di Kabupaten ujung timur Pulau Madura ini untuk sementara waktu.


“Untuk destinasi wisata yang ada di Sumenep, kami mengantisipasi mulai hari ini untuk menutup sementara waktu, baik destinasi wisata milik Pemerintah maupun swasta,” terangnya, Senin (16/3).

Selama setengah bulan kedepan, destinasi wisata di Kota Keris tersebut resmi ditutup, hal itu dilakukan sebagai antisipasi masuknya Virus Corona ke Sumenep.

“Selama 14 jari kedepan, kami resmi menutup wisata yang ada di Sumenep. Hari ini melalui UPT kami akan berkirim surat untuk sementara waktu destinasi wisata akan ditutup dulu untuk mengantisipasi,” kata dia.

Menurut dia, dampak ditutupnya destinasi yang ada itu pasti akan mengurangi sektor perekonomian pemerintahan maupun destinasi swasta. “Dampaknya tentu ke wisata itu sendiri, tapi kan ini hanya antisipasi saja. Karena covid-19 ini sudah menjadi isu internasional. Apalagi, sudah ada surat edaran dari kementerian dan Gubernur,” jelasnya.

Selain itu, banyaknya destinasi wisata yang ada, tak menutup kemungkinan para wisatawan yang akan berkunjung ke Sumenep bisa distop untuk beberapa waktu kedepan.

Baca juga:  Momen Idul Adha, Kemenag Sampang Himbau ASN Takbiran dan Munajat Doa di Rumah

“Kalau untuk kunjungan touris kan masih bulan Juni kapal pesiarnya. Kalau masih isu ini berlanjut sampai bulan Juni, maka kami juga akan stop kunjungan wisatawan ke Sumenep, tapi jika sudah selesai maka dilanjutkan,” pungkasnya. (MR/AJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here