Hari Kedua World Cleanup Day Sumenep 2024 Bersihkan 5 Ton Lebih Sampah

WCD sumenep 2024 kebundadap saronggi
Kegiatan WCD 2024 di sungai Desa Kebundadap, Kecamatan Saronggi, Sumenep. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Kegiatan World Cleanup Day (WCD) Sumenep 2024 hingga hari kedua berhasil membersihkan 5 ton lebih sampah. Kegiatan bersih-bersih sampah hari kedua dilakukan di Sungai Saroka, Desa Kebundadap Timur, Saronggi, Sumenep, (20/9).

Sebagai informasi, Kabupaten Sumenep berpartisipasi dalam World Cleanup Day 2024 yang di selenggarakan pada 20 dan 22 September 2024. Kegiatan ini mengusung tema “Keep Our River Waste Free”.

banner 728x90

Kegiatan WCD Sumenep 2024 berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Dinas Lingkungan Hidup, TNI, Polri, BPRS Bhakti Sumekar Sumenep, Labini, hingga masyarakat setempat. Ada juga dari komunitas pegiat lingkungan, seperti Asa Sociopreneur, Pokmaswas Reng Paseser, KPMM, OISCA, mahasiswa dari berbagai kampus di Madura, serta puluhan siswa dan guru dari SMPN 2 Saronggi. Termasuk kolaborasi dengan BAZNAS, LazisMu, BMH, LazisNu dan LMI.

Ketua Pelaksana WCD Sumenep 2024, Fadel Abu Aufa menjelaskan, aksi bersih-bersih sampah sungai pertama pada 20 September 2024 di Desa Lembung Barat berhasil membersihkan sampah sebanyak 2,2 ton. Menurut dia, kegiatan ini menjadi langkah awal untuk kebersihan lingkungan.

“Kami mengawali kegiatan ini agar masyarakat bisa merawat kebiasaan untuk bersih-bersih di lingkungan sekitarnya,” ucap Fadel.

Dia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkolaborasi dalam acara WCD kali ini. “Semoga kolaborasi yang dijalin ini bisa berkelanjutan sehingga bisa muncul aksi-aksi lingkungan lain untuk Kabupaten Sumenep tercinta,” jelasnya.

Baca juga:  Tim WCD Sumenep 2024 Beri Penghargaan kepada BPRS Bhakti Sumekar

Machallafri Iskandar selaku perwakilan dari Asa Sociopreneur mengaku sangat bersyukur bisa turun tangan dalam aksi WCD Sumenep 2024. “Selaku pegiat lingkungan, kami berharap kegiatan ini tidak hanya membersihkan sungai, tapi juga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar agar tidak lagi membuang sampah di sungai,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan Pemerintah Desa Kebundadap, Budiono menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi aksi bersih sungai ini. “Kebetulan sungai yang menjadi titik aksi memang sudah butuh pembersihan dan kami sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia WCD Sumenep 2024 kali ini,” kata Budiono.

Perlu diketahui, pada aksi bersih-bersih di sungai Desa Kebundadap kali ini berhasil membersihkan 3,7 ton sampah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *