12 Kecamatan di Sampang Belum Setor Data Penerima BLT DD, Ini Alasannya

0
115
BLT DD Sampang
Infografis BLT Dana Desa. (Foto: dok. Kemendes/Setkab.go.id)

maduraindepth.com – Data penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Sampang belum diterima Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat. Hingga masuk Bulan Mei 2020 hanya dua kecamatan yang sudah menyetorkan data warga miskin terdampak virus Corona.

Dua kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Torjun dan Karang Penang. Hal ini diungkapkan oleh Plt Kasi Perencanaan Pembangunan Desa DPMD Sampang, Moh Rudy Susanto.

Kepada maduraindepth.com, Rudy menyebutkan, 12 kecamatan lainnya hingga saat ini belum menyetorkan data warga miskin yang berhak menerima bantuan tersebut. Alasannya karena pemerintah desa (Pemdes) di 12 kecamatan tersebut belum merampungkan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Kami berharap di Bulan Mei ini sudah final, setiap usulan dari kecamatan sudah terverifikasi dengan baik agar bisa segera dilaunching,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (4/5).

Rudy menyampaikan, DPMD Sampang menargetkan BLT DD untuk warga miskin itu terealisasi pada bulan ini, Mei 2020. Sehingga bisa langsung diterima oleh masyarakat, yakni pencairan tahap I dan II.

“Namun dalam realisasinya bisa saja terjadi penurunan dari pagu penerima. Hal itu disebabkan karena BLT DD diprioritaskan bagi warga miskin yang tidak tercover BPNT, PKH maupun BLT,” katanya.

Supaya BLT DD tersebut segera tersalurkan, Rudy mengaku pihaknya intens melakukan komunikasi dengan Camat agar segera menyelesaikan verifikasi data. Kemudian juga menghimbau pihak desa melakukan verifikasi penerima sesuai surat edaran Kementerian Desa Tertinggal Nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Menteri PDTT Nomor 11/2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa. (RIF/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here