DKPP Sumenep Dorong Optimalisasi Pemasaran Produk Olahan Bawang Merah

Produk olahan bawang merah rubaru sumenep
Karyawan sedang memproses pembuatan produk olahan bawang merah varietas Rubaru beberapa waktu lalu. (Foto: DKPP Sumenep for MID)

maduraindepth.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep terus mengoptimalkan pengembangan potensi pertanian di Kota Keris. Salah satunya, yaitu berkaitan dengan budidaya bawang merah.

Diketahui, Sumenep memiliki hasil produksi budidaya bawang merah yang sangat bagus. Khususnya, bawang merah verietas Rubaru. Produk pertanian tersebut, sudah sangat dikenal. Bahkan, bukan sekadar di lokal Madura, tapi juga di kancah nasional.

banner 728x90

Kabid Prasarana Pertanian DKPP Sumenep Erfan Evendi mengungkapkan, hasil produksi budidaya bawang merah varietas Rubaru tidak hanya dipasarkan dalam bentuk segar. Melainkan, sudah dilakukan pengembangan dengan dipasarkan dalam bentuk olahan bawang merah.

Menurutnya, hasil panen bawang merah, tidak bisa sekadar bergantung pada pola pemasaran dalam bentuk segar. Sebab, pada bulan tertentu, terutama saat musim panen sedang berlangsung bersamaan dengan berbagai daerah lain, dapat menyebabkan harga bawang merah cenderung turun.

“Salah satu upaya untuk membantu petani dan meningkatkan nilai tambah produk bawang merah, yaitu dengan dipasarkan dalam bentuk olahan,” ungkapnya, Rabu (26/6).

Erfan menjelaskan, pemasaran bawang merah dalam bentuk olahan, dapat mengurangi potensi terjadinya kerugian bagi petani. Sebab, bawang olahan bisa bertahan lebih awet dari pada bawang mentah. Sehingga, pemasarannya tidak akan habis dalam satu kali jual.

“Keuntungannya juga lumayan lebih besar, dibandingkan hasil penjualan dalam bentuk mentah,” tuturnya.

Baca juga:  Jelang Idul Adha 1443 H, Harga Cabai dan Bawang di Madura Meroket

Selain itu, olahan bawang merah varietas Rubaru memang banyak diminati oleh konsumen. Mulai dari tingkat lokal daerah, regional, nasional bahkan konsumen di pasar internasional. Sebab, bawang merah khas Bumi Sumekar ini, memiliki cita rasa yang dikenal sangat enak.

“Olahan bawang merah asal Sumenep, memiliki citarasa yang renyah, gurih, dan wangi sedap. Itu yang membuat pemasarannya cukup laris,” jelasnya.

Untuk membantu memasarkan produk olahan bawang merah tersebut, maka petani dapat bergabung dengan Koperasi Permata Indah Rubaru. Koperasi ini, telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan lain dalam memasarkan produk olahan tersebut. (bus/*)

Baca Berita Menarik Lainnya DI SINI atau Ikuti Kami di Saluran Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *