12 Atlet Pencak Silat Sumenep Bakal Tes Kemampuan Fisik, Jelang Porprov Jatim 2022

Silat Sumenep Porprov Jatim 2022
Dua atlet pencak silat beradu ketangkasan pada ajang seleksi atlet Puslatkab IPSI Sumenep menuju Porprov 2022 di GOR A. Yani Sumenep, Jumat (12/3). (Foto: Badri Stiawan/MI)

maduraindepth.com – Seleksi atlet untuk pemusatan latihan kabupaten (Puslatkab) menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) 2022 tuntas dilaksanakan. Seleksi sebelumnya digelar dua hari, mulai 12-13 Maret 2021.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Sumenep Imam Syafii menyampaikan, atlet yang meraih posisi pertama dan kedua pada saat seleksi akan dipanggil untuk training center (TC). Namun untuk sementara, para atlet terpilih masih dikembalikan kepada perguruan masing-masing selama 1,5 bulan ke depan.


“Setelah itu akan dipanggil kembali untuk tes kemampuan fisik. Nanti akan disaring lagi. Masing-masing satu atlet per kategori,” ujarnya, Selasa (16/3).

Diterangkan, dua atlet yang yang lolos seleksi akan kembali disaring melalui tes kemampuan fisik. Jika ada hasil yang sama dari dua atlet dalam satu kategori ini, akan dipertandingkan kembali. Tujuannya, memilih yang paling potensial.

“Tahun 2022, kami target dua medali emas. Dari 12 atlet ini kami target 60 persen bisa lolos pra Porprov. Minimal kelas A, B, dan beregu,” papar Imam.

Dia menambahkan, pada Porprov 2019 sebelumnya setiap kategori diambil dua atlet dan langsung dikirim untuk pra Porprov. Kalau saat ini, lanjut dia, akan diseleksi lagi.

Selain itu, bagi peserta yang sudah menjadi atlet Puslatkab untuk Porprov 2022 akan terus diberikan pembinaan dan pengawasan ketat. Baik dari mental, fisik, dan psikis atlet. Pembinaan menurut Imam harus intens dan berkelanjutan. Sebab rentan waktu yang akan dilalui masih sekitar setahun jelang Porprov 2022.

Baca juga:  KONI Bangkalan Siapkan 135 Atlet untuk Porprov Jatim

“Harus lebih baik dari Porprov 2019,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, IPSI Cabang Sumenep menggelar seleksi atlet untuk Puslatkab menjelang Porprov Jatim 2022. Sebanyak 94 atlet beradu bertanding memperebutkan tiket seleksi di Gedung Olahraga (GOR) A. Yani Sumenep, Jumat (12/3) lalu.

Seleksi atlet Puslatkab menuju Porprov 2022 diikuti 94 atlet dari 14 perguruan. Total terdapat 30 perguruan yang tergabung dalam IPSI Sumenep. (BAD)