Tumbuhkan Minat Baca, MIN Sampang Gelar Gerakan Literasi

Salah satu kelas dalam gerakan literasi yang digelar MIN Sampang, Rabu (25/11). (Foto: MIN Sampang for MI)

maduraindepth.com – Untuk menumbuhkan minat baca, Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) Sampang menggelar Gerakan Literasi, Rabu (25/11). Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) setempat.

Kepala MIN Sampang Abd Hayyi menyampaikan, gerakan literasi tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik, seperti kelas dongeng, ice breaking dan senam otak khusus siswa kelas 1 sampai 3. Sedangkan untuk kelas 4 hingga 6 diisi dengan kegiatan membaca, meresensi buku dan memotivasi minat baca siswa. Tiap-tiap kelas, ucap Hayyi, dipandu oleh tim Disarpus Sampang.


“Hasil resensi kami buat portofolio untuk menjadi sumber belajar,” kata Hayyi dalam keterangannya.

Hayyi menambahkan, selain siswa, pihaknya juga mewajibkan semua guru MIN Sampang untuk membaca dan meresensi buku.

“Semoga dengan gerakan literasi ini kegiatan membaca tidak hanya slogan, tetapi menjadi kebutuhan bagi anak dan guru,” harapnya.

Sementara itu, Kasi Layanan Disarpus Moh. Halil mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh MIN Sampang. Halil menyampaikan, ke depan kerjasamanya dengan MIN Sampang akan terus dikembangkan.

“Disarpus siap memberikan pembinaan kepada pustakawan MIN Sampang, memberikan pinjaman buku, dan lain-lain,” ujar Halil.

Sekedar diketahui, untuk kelas dongengĀ  dilaksanakan di aula MIN Sampang. Sedangkan untuk kelas membaca digelar di ruang terbuka, yakni di halaman MIN Sampang. (*/AW)