Tujuh Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

0
63
Puting Beliung
Rata: Dua orang warga tampak membersihkan puing-puing rumah yang rata dengan tanah pasca diterjang puting beliung. (Foto: AIK/MI)

maduraindept.com – Pemukiman di Kampung masaran Dusun Kodek, Desa Kodek, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang diterjang angin puting beliung. Peristiwa itu terjadi pada Kamis (14/11).

Mat Jari, warga setempat menyampaikan, bencana tersebut terjadi sekitar pukul 15:30 WIB. Menurut dia, angin berasal dari arah timur, satu persatu atap Rumah dibongkar oleh angin.

“Tiba-tiba anginnya datang dari arah timur ke barat. Genting Rumah saya langsung berterbangan,” kata Mat Jari kepada maduraindepht.com

Setelah 60 menit kemudian tim penanggulangan bencana daerah tiba di tempat kejadian peristiwa (TKP). Menurut kepala BPBD melalui Moh Imam Kasi Kedruratan Logistik (KKL) menerangkan akibat peristiwa itu tujuh rumah, dua dapur, dua musollah dan satu kamar mandi rusak. Sedangkan satu kandang sapi dan tempat mesin penggilingan padi roboh.

“Dampak dari puting beliyung itu rumah 7, kandang sapi 1, terus dapur 2, selapan padi 1, kandang sapi 1, dan musollah 2 rusak,” kata Imam.

Melihat peristiwa itu terjadi BPBD mengambil langkah awal dengan memberi bantuan kebutuhan dasar kepada warga yang tertimpa peristiwa. Menurutnya bantuan itu berupa terepal sebangak enam unit untuk menutupi atap rumah agar warga tidak kehujanan.

“Sesuai tepoksinha bahwa BPBD hanya memberikan bantuan dasar. Saat ini kami memberi terapal ukuran 4×6,” imbuhnya

Tak hanya itu, sebagai langkah kedua dalam waktu dekat BPBD akan membawakan makanan dan selimut untuk warga, “mungkin untuk besoknya kami datang kesini lagi untuk memberikan bantuan,” tutupnya. (AIK/AJ)