Tokoh di Madura Sambut Baik Calon Kapolri Baru

Ketua Aliansi Musyawarah Tokoh Sampang Utara, (Almustofa), Achmad Syuja'Ie, S.Pd. I, M.H.I (kanan)

maduraindepth.com – Usulan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang mana telah mengusulkan Drs Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), disambut baik oleh Ketua Aliansi Musyawarah Tokoh Sampang Utara, (Almustofa), Achmad Syuja’ie

Pria asal Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur itu mengatakan, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dan sebagai ketua Almustofa dirinya percaya keputusan presiden Jokowi dalam pencalonan Listyo Sigit Prabowo merupakan keputusan yang telah melalui beberapa kajian.


“Sebagai seorang Presiden tentunya beliau memiliki kajian, siapa-siapa calon Kapolri yang diusulkan pastinya telah melalui pemikiran dan pertimbangan yang matang,” kata Syuja’ie Jumat, (15/1).

Untuk menyeleksi dan mencalonkan sebagai Kapolri, kata Syuja’ie, presiden Joko Widodo pastinya percaya kepada calon Kapolri yang dipilihnya untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

“Apalagi Listyo Sigit Prabowo yang di calonkan Pak Jokowi memiliki banyak prestasi,” ucap Syuja’ie.

Syuja’ie menuturkan, adapun profil Listyo yang ia ketahui melalui beberapa pemberitaan di beberapa media Nasional, diantaranya, Listyo merupakan jenderal bintang 3, selain itu Listyo merupakan lulusan akademi kepolisian tahun 1991 dengan pendidikan S-2 di Universitas Indonesia (UI), Listyo juga pernah menduduki sejumlah jabatan penting di institusi kepolisian RI.

“Listyo juga menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara hingga menjabat sebagai Kapolda Banten pada 2016, yang kemudian menjabat sebagai Kadiv Propam Polri pada 2018 dan Kabareskrim pada 2019,” kata Syuja’ie mengurai profil Listyo.

Baca juga:  PC Pergunu Sampang Lakukan Raker Pertama Dengan Empat Program Prioritas

“Terlebih, dicalonkannya Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri, telah mendapat apresiasi dari Ketua umum MUI Provinsi Jawa Timur (Jatim), KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah dan beberapa tokoh lainnya,” tegas Syuja’ie.

Dengan dicalonkannya Listyo sebagai Kapolri, Syuja’ie berharap dibawah kepemimpinan Kapolri baru nanti, Polri dapat bekerja maksimal dan Profesional.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang. Fadol Abd. Rohim juga menanggapi, sebagai Ketua DPRD kabupaten Sampang dirinya mengapresiasi terhadap segala bentuk keputusan presiden Jokowi dalam menunjuk Kapolri baru. Sebab, menurut dia, Pastinya dalam penunjukan Kapolri baru Presiden Jokowi sudah berdasarkan tahapan dan proses pertimbangan yang sangat matang.

“Semoga nantinya Kapolri yang baru mampu memberikan pelayanan terbaik serta Profesional dalam menjalankan amanah,” tuturnya. (RIF/MH)