Termiskin Kedua se Jawa Timur, BPS Sebut Angka Kemiskinan di Bangkalan Masih Tinggi

Angka Kemiskinan Bangkalan
Angka kemiskinan masih tinggi di Bangkalan. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan di Kabupaten Bangkalan masih tinggi dengan jumlah penduduk miskin mencapai 196.011 jiwa. Jumlah tersebut menjadikan kabupaten ujung Barat Pulau Madura itu peringkat kedua daerah termiskin di Jawa Timur (Jatim).

Kepala BPS Bangkalan, Moch Sonhaji menyampaikan, angka kemiskinan di Kabupaten Bangkalan per Maret 2022 yakni 19,44 persen. Angka tersebut terbilang lebih rendah dari tahun 2021 yang mencapai 21,57 persen. Artinya, terdapat penurunan 2,13 persen.

banner auto

Meski demikian, kemiskinan di Bangkalan masih terbilang tinggi. Pasalnya, daerah berjuluk Kota Dzikir dan Shalawat ini masih menduduki peringkat 37, atau nomor dua dari bawah setelah Sampang di urutan ke 38 berdasarkan angka kemiskinan di Jatim.

“Angka kemiskinan saat ini memang ada penurunan di Bangkalan, tapi kita masih di posisi 37 se Jatim,” tuturnya, Rabu (11/1).

Perlu diketahui, angka kemiskinan dengan peringkat 38 atau terbawah di Jatim yaitu Sampang sebanyak 21,61 persen. Kemudian dilanjut Bangkalan di peringkat ke 37 dengan total persentase 19,44 persen.

Setelah itu di peringkat 36 yakni Kabupaten Sumenep dengan jumlah presentase 18,76 persen. Dilanjut Probolinggo di peringkat ke 35, dengan presentase kemiskinan 17,12 persen.

“Dari jumlah tersebut kami melakukan yang namanya blog sensus, yang mana ditentukan secara random oleh pusat,” tukas Sonhaji. (RM/*)

Baca juga:  Bupati Sampang Support MoU Antara BPRS BAS dengan Bank Permata Syariah

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto