Selain Infrastruktur, Pemberdayaan dan Pengelolaan BUMDes Juga Jadi Prioritas Edy Sukamto

0
137
Edy Sukamto
Edy Sukamto, Kepala Desa Tobai Barat, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. (Foto: AW/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tobai Barat, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, serius dalam membangun desa. Kepala Desa (Kades) Edy Sukamto mengatakan, pembangunan tidak hanya difokuskan pada pembangunan infrastruktur saja. Melainkan pemberdayaan dan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Dikatakan Edy Sukamto, semenjak menjabat sebagai Kades Tobai Barat manfaat yang paling nampak dirasakan masyarakat adalah pembangunan infrastruktur. Seperti jalan desa dan jembatan yang menghubungkan antardusun.

Di Tobai Barat, lanjut Edy, terdiri dari lima dusun. Kini, lima dusun itu sudah saling terhubung setelah program prioritas berupa pembangunan jalan terlaksana. “Awal saya menjabat, cuma punya jalan kabupaten lintas Gunung Rancak – Tobai Timur,” ucapnya pada maduraindepth.com, Jum’at (29/11/2019) lalu.

Disebutkan, di Tobai Barat ada dua jembatan swadaya. Pertama di Dusun Leke Delem yang menghubungkan Tobai Barat dengan Pancor. “Jembatan ini dulu diresmikan Bupati Nur Tjahja,” bebernya.

Kemudian jembatan kedua terletak di Dusun Senasen. Dimana jembatan ini menghubungkan Tobai Barat dengan Gunung Kesan. “Ini diresmikan Bupati KH. Fannan Hasib tahun 2013,” imbuhnya.

Sekarang, sambung Kades dua periode itu, tinggal satu jembatan yang belum dibangun. Jembatan ini akan menghubungkan Tobai dengan Pancor Timur. “Lokasinya nanti di Desa Tobai,” paparnya.

Masih menurut Edy Sukamto, meski lima dusun di Desa Tobai Barat sudah saling terhubung, tapi hingga kini masih ada beberapa persoalan yang tengah dihadapi. Dia berharap, persoalan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat itu secepatnya harus terselesaikan.

Diantara persoalan itu adalah kekeringan dan beberapa dusun yang tidak dialiri listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN). “Mudah-mudahan nanti rencana kami kedepan mendapat dukungan dari masyarakat,” ucapnya berharap.

Pemdes Tobai Barat Fokus Penguatan BUMDes

Saat ini, jelas Edy, Pemdes Tobai Barat sedang fokus melakukan penguatan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) dan pembangunan embung guna mengatasi kekeringan. Untuk BumDes sendiri sudah berjalan tiga tahun dengan tiga unit usaha. “Simpan pinjam, toko dan BRI link,” paparnya.

Dia berharap, segala persoalan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat Desa Tobai Barat segera tuntas. “Yang paling utama, segala permasalahan sebelum masa jabatan saya berakhir semuanya sudah selesai. Termasuk infrastruktur dan PTSL,” ujarnya.

“Jadi permasalahan terkait surat-surat tanah sebelum jabatan saya berakhir harus selesai. Itu tergantung dari masyarakat. Mau atau tidak,” pungkasnya. (MH/AW)