banner auto
banner auto

Sampang Job Fair 2022 Dibuka, DPMPTS Naker; Bisa Menyerap Tenaga Kerja

sampang job fair
Kabid Tenaga Kerja DPMPTS Naker Sampang Ervien Budi Jatmiko memantau kegiatan Sampang Job Fair 2022, Kamis (17/11). (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Sampang Job Fair 2022 yang berlangsung di SMKN 1 Sampang diikuti ratusan calon tenaga kerja, Kamis (17/11). Sebanyak 14 perusahaan hadir membuka lowongan pekerjaan pada kegiatan tersebut.

Kabid Tenaga Kerja DPMPTS Naker Sampang, Ervien Budijatmiko menuturkan, salah satu titik fokus dalam Sampang Job Fair 2022 ini adalah mengurangi pengangguran. Menurut dia, Sampang Job Fair 2022 bertujuan agar angka pengangguran terbuka di Sampang semakin berkurang.

banner auto

Mengingat, pada 2022, angka pengangguran terbuka di Sampang sekitar 17 ribu orang. Angka tersebut sesuai laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS). Ervien menyebutkan, penyebab utama pengangguran yakni jumlah lapangan pekerjaan yang sedikit dibandingkan pencari kerja.

“Meski sudah banyak yang lulus sekolah, bahkan kuliah dan memiliki kemampuan, tetapi masih terbatas akan akses informasi, makanya dibuka Sampang Job Fair 2022,” terangnya.

Rata-rata usia pelamar kerja, lanjut Ervien, yang datang pada Sampang Job Fair kali ini masih didominasi usia produktif di bawah 28 tahun. Selain itu, pihaknya juga membuka pelatihan kerja bagi masyarakat Sampang agar bisa bergabung dan meningkatkan kemampuan sesuai basic yang dimiliki.

“Sejumlah rangkaian pelatihan kerja sudah dilakukan dan terus berlanjut, supaya warga terwadahi dan mengasah skill di dunia kerja untuk mengurangi pengangguran,” ungkap Ervien.

Dia berharap, adanya Sampang Job Fair 2022 mampu menampung dan menyerap tenaga kerja yang ada di Kota Bahari. “Semoga terserap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran,” harapnya.

Baca juga:  Gor A Yani Sumenep Kurang Perawatan, Bagaimana Mau Maju?

Salah satu pelamar kerja, Ahmad, asal Desa Pulau Mandangin mengaku senang. Lantaran bisa mengikuti Sampang Job Fair 2022. Dia mengatakan, dengan adanya lowongan kerja ini bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

“Ini kesempatan kerja yang bagus, kita bisa melamar kerja sesuai kemampuan serta bisa memilih lapangan pekerjaan yang ada di Sampang Job Fair 2022 ini,” ucapnya.

“Sampang job fair ini semoga terus ada di tahun selanjutnya, sehingga kesempatan kerja terus tersedia,” pungkasnya. (Alim/*)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info