Sampang Dapat Jatah 2.500 Vaksin, Dinkes Nyatakan Siap Laksanakan, Terutama Bagi Nakes

Vaksin Sampang
Suntik vaksin. (FOTO: Istimew)

maduraindepth.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi menyatakan siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kota Bahari. Bahkan pihaknya juga sudah menjadwalkan vaksinasi virus corona tersebut.

Agus menyampaikan, terkait vaksinasi Covid-19 pihaknya telah melakukan persiapan. “Kami sudah meminta jadwal. Puskesmas juga sudah mengagendakan melalui microplaning. Setalah direkap dan dipetakan akan diajukan ke provinsi,” terangnya, Kamis (7/1).


Agus menjelaskan, perkiraan dalam pendistribusian vaksin akan dimulai dilaksanakan pada Minggu ketiga di bulan Januari 2021. Menurutnya, ada beberapa prioritas utama dalam rangka vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sampang.

Vaksin tahap pertama akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) dalam tiga bulan kedepan. Kemudian berlanjut pada petugas pelayanan publik seperti TNI dan Polri, aparat hukum dan petugas pelayanan publik lainnya akan dilakukan pada tahap dua. Tahap kedua ini akan dilaksanakan enam bulan berikutnya.

Baca Juga

“Utamanya bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang merupakan pihak paling sering melakukan kontak langsung dengan orang banyak. Termasuk pasien Covid-19,” tandasnya.

Agus mengurai, Kabupaten Sampang memiliki jatah sebanyak 2.500 vaksin. Kemudian TNI dan Polri juga berjanji akan mengusulkan sebanyak 1.700 vaksin.

Baca juga:  Soal Vaksin Covid-19, Dinkes Sampang Siap Tindaklanjuti Kebijakan Pusat

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya vaksinasi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Sampang akan terus berupaya yang terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Sampang,” himbaunya. (RIF/MH)