PPP Sumenep Jaring Koalisi, KH Fikri Mendaftar Bacabup di Tiga Parpol

Pilkada Sumenep 2024

KH ali fikri bacabup ppp pilkada sumenep 2024
Ketua DPC PPP Sumenep KH. Ali Fikri (tiga dari kanan) menyerahkan formulir pendaftaran bacabup kepada Ketua Desk Pilkada PPP Sumenep, Senin (27/5). (Foto: Moh. Busri/MID)

maduraindepth.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumenep KH Ali Fikri maju dalam kontestasi Pilkada Sumenep 2024. Dia mendaftar sebagai bakal calon bupati (Bacabup) di Kota Keris melalui partainya sendiri, Senin (27/5).

Demi maju dalam perebutan kursi kepala daerah di Bumi Sumekar pada tahun ini, dia melakukan pendaftaran bacabup yang telah dilakukan melalui dua partai lain. Yaitu Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

Kiyai Fikri menyampaikan, semua pihak bisa mendaftar secagai bacabup dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) melalui partainya. Baik untuk yang berstatus sebagai kader murni partai tersebut, atau bahkan kader partai lain dan masyarakat secara umum.

“Saya juga mendaftar. Ini bukan berarti mengunci bagi kader yang lain untuk tidak bisa mendaftar. Semuanya bisa mendaftar sebagai calon bupati di tempat kami, nanti akan diantarkan semua ke pusat,” ujarnya.

Dalam Pilkada Sumenep tahun ini, peluang koalisi dari PPP bersama parpol lain tampak dibuka lebar. Apalagi, Ketua DPC parpol tersebut sudah terdaftar secara bacabup melalui partai tetangga.

Mengenai itu, Kiyai Fikri menyatakan sedang menjajaki komunikasi dengan sejumlah pihak. Karena menurutnya, jika PPP ingin mengusung pasangan bakal calon sendiri maka harus berkoalisi dengan partai lain.

“Kami terus berkoordinasi dengan DPW (dewan pengurus wilayah) dan DPP (dewan pengurus pusat). Termasuk dengan jaringan partai yang lain,” tegasnya.

Baca juga:  Wakil Ketua DPRD Sampang Divonis 1 Tahun Lebih Atas Kasus Pencemaran Nama Baik

Untuk diketahui, pada Pilkada Sumenep 2020, Kiyai Fikri sudah sempat maju sebagai calon wakil bupati (cawabup) mendampingi Fattah Jasin sebagai cabup. Hanya, nasib baik berlum berpihak kepada paslon nomor urut 2 tersebut.

Perolehan suara yang terkumpul untuk paslon Fattah Jasin-Ali Fikri, sebanyak 296.676 suara. Sedangkan, paslon nomor urut 1, yaitu Fauzi-Eva memperoleh dukungan sebanyak 319.876 suara. (bus/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *