Peringati HUT RI ke 74, UKM-F MARDIC UTM Adakan Upacara Bendera di Dasar Laut

0
143
Anggota UKM-F MARDIC UTM saat melakukan upacara bendera di dasar laut, di perairan Pulau Mandangin, Selasa (6/8). (Foto: MARDIC-UTM)

maduraindepth.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 74, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM-F) Madura Diving Club (MARDIC) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengadakan upacara bendera di dasar laut. Kegiatan yang diadakan di perairan Pulau Mandangin, Kabupaten Sampang tersebut diikuti oleh 25 peserta.

Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) UMK-F MARDIC UTM Muhammad Fajrul Falah menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 6 Agustus 2019. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk nasionalisme mahasiswa UTM.

“Menurut kami, hari kemerdekaan itu sesuatu yang spesial. Dengan memperingatinya, kami bermaksud mengenang jasa para pahlawan yang dulu berjuang untuk kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Menurut Fajrul, pelaksaan upacara tersebut dilaksanakan dikedalaman 6 meter. Menurut dia, banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya kondisi gelombang laut yang saat ini sedang tinggi.

“Kalau kendala pasti ada. Para diver juga harus berhati-hati dengan arus bawah laut. Selain itu kami juga tidak boleh merusak ekosistem laut,” ungkap mahasiswa semester tujuh, Jurusan Ilmu Kelautan, Fakuktas Pertanian, UTM, itu.

Sebelum melaksanakan upacara bendera, rombongan dari UKM-F Mardik mengikuti upacara pelepasan yang diadakan di kampus UTM. “Pihak kampus sangat mendukung. Bahkan sebelum berangkat ke Mandangin ada upacara pelepasan dari pihak kampus,” ucapnya.

Selain upacara bendera di dasar laut, para anggota UKM-F MARDIC juga mengadakan bersih bersih pantai. Fajrul berharap, kegiatan tersebut dapat menginspirasi generasi muda Madura untuk mengisi momen hari kemerdekaan dengan hal positif. (AJ)