Peringati HPN 2021, PWI Sampang Ziarah Makam Agus Surachman

HPN PWI Sampang
PWI Sampang saat menziarahi makam almarhum Agus Surachman, di Jl. Mangkubumi, Kelurahan Polagan. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sampang menziarahi makam almarhum Agus Surachman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Madegan, Jl. Mangkubumi, Sampang, Selasa (9/2). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75 yang jatuh pada 9 Februari 2021.

Almarhum Agus Surachman merupakan mantan wartawan Metro TV sekaligus Ketua PWI Sampang pertama.


Ketua PWI Sampang Fathor Rohman mengatakan, ziarah ke makam Ketua PWI Sampang pertama merupakan penghormatan dirinya bersama para wartawan atas jasa semasa hidupnya. Tepat dalam peringatan HPN 2021 yang harus menjadi refleksi bagi wartawan dalam aktivitas pemberitaan yang tetap patuh pada kode etik jurnalistik.

Kata pria yang karib disapa Mamang, ziarah kubur yang dilakukan tersebut adalah kegiatan rutin PWI Sampang tiap tahunnya. Menurutnya, almarhum Agus Surachman patut dijadikan panutan bagi wartawan lainnya di Kota Bahari.

“Apalagi di HPN 2021 jangan hanya dijadikan seremonial saja, seluruh wartawan Indonesia, khususnya yang ada di Sampang, benar-benar menghayati perjalanan dan perjuangan pers dalam menyuarakan kebenaran,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa pers harus mampu menjadi arah jalan kebenaran bagi masyarakat, menyajikan berita faktual dan aktual. Sehingga tercipta pers yang hebat dan bermartabat.

“Dalam pemberitaan wartawan perlu keberanian, kejujuran dan indepedensi tetap menjunjung etika dan profesionalitas di lapangan,” paparnya.

Baca juga:  Pelabuhan Kamal di Selat Madura Juga Disemprot Disinfektan

Fathor Rohman berharap di HPN 2021, seluruh insan pers wajib menjaga nama baik pers, profesional, berwawasan dan beretika.

“Iya, wartawan jangan hanya pandai mengkritik, namun juga pandai memberikan solusi, tetap utamakan azaz manfaat untuk masyarakat luas dan nama baik Kabupaten Sampang, dibandingkan popularitas pribadi saja,” pungkasnya. (Alim/MH)