Pergunu Sampang Bahas Strategi Pengembangan Koperasi Usaha Mandiri

Pergunu sampang
Ketua Pusat Koperasi Syariah Syirkah Mu'awanah Nahdlatul Ulama (Puskopssim NU) Jatim KH. Arifin Hamid saat memaparkan materi, Ahad (2/5). (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Sampang membahas strategi pengembangan koperasi usaha mandiri. Pembahasan ini dilakukan dalam acara sarasehan yang digelar di Cafe Selat Raya, Jl. Raya Camplong, pada Ahad (2/5) sore.

Ketua Pergunu Kabupaten Sampang KH. Muzakki menyampaikan, acara ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada Pengurus Anak Cabang (PAC) Pergunu kaitannya dengan persiapan pembentukan koperasi Pergunu kedepan.


Dalam hal ini pihaknya berharap PC maupun PAC bisa memiliki strategi jitu dalam menjalankan usaha. “Kami menghadirkan KH. Arifin Hamid mewakili KH. Sholachul Aam Notobbuwobo(Gus Aam) yang hari ini sedang berhalangan,” ujarnya.

Pembahasan tentang persiapan pembentukan Koperasi Pergunu tidak berhenti dalam sarasehan ini saja. Tapi kedepan pihaknya akan mengadakan acara serupa sebagai tindak lanjut dari acara yang digelar saat ini.

Disampaikan Muzakki, dalam kesempatan itu Arifin Hamid menjelaskan tentang strategi pengembangan usaha atau kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Sampai sekarang kita masih banyak yang belum tahu dan bahkan belum mengikuti teladan Rasulullah SAW,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan usaha yang dilakukan oleh Rasulullah selain menjalankan perdagangan, juga menjadikan negara Arab sebagai pusat koordinasi dakwah, strategi perang dan seterusnya. (RIF/MH)