Pemkab Sumenep Salurkan Infak Zakat Fakir Miskin

0
39
Bupati Sumenep Busyro Karim menyalurkan infak zakat ke fakir miskin. (Maduraindepth/Hendra)

maduraindepth.com – Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, menyalurkan Infak Zakat Fitrah 1440 Hijriyah kepada 2953 kaum duafa dan fakir miskin di Kota Keris.

Berlangsung di Gedung Korpri, acara tersebut dihadiri Bupati Busyro Karim, Wakil Bupati Achmad Fauzi, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Edy Rasyadi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se Kabupaten Sumenep.

Dalam kegiatan itu, Kepala Dinsos Akhmad Aminullah menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat kurang mampu.

“Sekitar 2953 masyarakat yang mendapatkan zakat fitrah dari Pemkab yang terkumpul dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemkab Sumenep,” ungkapnya pada awak media, Senin (27/05).

Baca juga: Sebentar Lagi, THR PNS di Sumenep Akan Cair

Selain itu, kegiatan ini merupakan rentetan Kalender Visit Sumenep 2019 yang merupakan program Pemkab Sumenep, selain menunjang destinasi, juga bentuk kepedulian kepada masyarakat.

“Penyaluran zakat fitrah oleh Pemkab Sumenep juga diberikan kepada perorangan dan organisasi, seperti takmir masjid serta pesantren,” tuturnya.

Bupati Sumenep Busyro Karim dalam kesempatan itu juga menyampaikan, penerima zakat hari ini  niscaya tahun depan bisa berzakat sendiri.

Baca juga: Sapi Betina di Sumenep Dilarang Disembelih

“Dengan berbagai kegiatan yang tersebar di Pemkab Sumenep penerima zakat Mustahiqqin nanti di tahun depan akan menjadi pemberi zakat Muzakqi,” paparnya.

Program pengentasan kemiskinan, sambung Bupati dua periode ini, dan pengangguran telah di lakukan oleh Pemkab Sumenep sehingga diharapkan kedepan akan memberikan dampak kepada masyarakat.

“Diketahui bahwa, sesuai data yang ada dari tahun ke tahun badan amil zakat, hasil penelitian pusat kajian strategis Badan Amil Zakat (Baznas) tentang efektifitas pendistrubusian dan pendayagunaan Zakat Baznas 2018 telah menunjukkan hasil yang menggembirakan,” imbuhnya. (MR/NR)