Pemdes Dharma Tanjung Bangun Jalan Desa Gunakan Dana PPM HCML

Pembangunan jalan dharma tanjung sampang ppm hcml
Cek lokasi pembangunan jalan di Desa Dharma Tanjung, Sampang. (Foto: Alimuddin/MID)

maduraindepth.com – Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) melalui pendamping Trunojoyo Amanah Sagara (TAS) hadir melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) 2023 di Desa Dharma Tanjung, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Program itu berupa pembangunan rabat beton jalan sebagai akses utama masyarakat pesisir saat berangkat melaut.

Desa Dharma Tanjung merupakan salah satu komoditi andalan masyarakat di bidang kelautan. Mayoritas mata pencaharian masyarakatnya sebagai nelayan.

Sebab itu, pemerintah desa setempat mengusulkan pekerjaan rabat beton di sepanjang jalan desa. Pembangunan di sejumlah titik dilaksanakan pada 10 hingga 20 November 2023 lalu.

Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Dharma Tanjung, Achmad Fausen mengatakan, semangat kerja masyarakatnya di bidang perikanan dan kelautan sangat luar biasa. Namun demikian, antusiasme masyarakat tidak didukung oleh sarana prasarana yang memadai.

“Jadi, adanya bantuan PPM dari HCML 2023 ini, Pemdes memutuskan membuat pekerjaan rabat beton di sepanjang jalan pesisir menuju arah pantai,” ucap Fausen kepada maduraindepth.com, Kamis (7/3).

Ia menjelaskan, tujuan pembangunan ini untuk mempermudahkan akses warga menuju bibir pantai. Selama ini jalan tersebut tidak dibangun, sehingga menyulitkan warga dan nelayan.

“Tapi setalah dibangun menggunakan dana PPM, alhasil jalannya sudah bagus dan bisa dirasakan oleh masyarakat,” ungkap Fausen.

Kegiatan PPM HCML 2023 di Desa Dharma Tanjung meliputi tiga dusun. Yakni, Dusun Majeng, Dusun Manceng dan Dusun Pandiyen.

Baca juga:  Pengurus PC Muslimat NU Sampang Periode 2022-2027 Resmi Dilantik

Penentuan tiga lokasi itu telah disepakati oleh Kepala Desa, tokoh Masyarakat, dan HCML. Pertemuannya dilaksanakan pada 19 Agustus 2023.

“Semoga dengan adanya bantuan PPM dari HCML ini dapat menambah semangat warga di Desa Dharma Tanjung dalam mencari rezeki dan nafkah untuk keluarganya,” harapnya.

Tiga Lokasi Pembangunan Selesai Dikerjakan

1. Dusun Majeng, rata-rata lebar 1,23 Meter dengan total panjang 19,41 Meter. Terdiri dari sembilan titik.
2. Dusun Manceng, rata-rata lebar 1,55 Meter dengan total panjang 27,15 Meter. Terdiri dari dua titik.
3. Dusun Pandiyen, rata-rata lebar 1,18 Meter dengan panjang 37,8 Meter. Terdiri dari enam titik.

(Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *