Pasukan Pengamanan Pilkada Sumenep Wilayah Kepulauan Diberangkatkan

Pengamanan Pilkada Sumenep
Sejumlah petugas kepolisian menaiki KMP DBS III tujuan Kalianget-Kangean di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Sabtu (5/12). (FOTO: DOK. MI)

maduraindepth.com – Petugas pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumenep 2020 wilayah kepulauan mulai diterjunkan. Para petugas itu nantinya akan melakukan pengamanan selama masa pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

Pemberangkatan pasukan untuk kepulauan Kangean dan Sapeken dilakukan Sabtu (5/12) menggunakan kapal motor penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III. Sedangkan wilayah kepulauan Raas dan Sapudi diberangkatkan Ahad (6/12). Para pasukan diberangkatkan menggunakan dua armada kapal yakni KMP Dharma Kartika untuk wilayah Kepulauan Sapudi dan KMP Satya Kencana untuk Kepulauan Raas.


Sebaran petugas pengamanan termasuk pasukan bawah kendali operasi (BKO) untuk Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean sebanyak 33 orang. Terdiri dari BKO pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) 22 petugas, 1 petugas monitoring, dan 10 petugas BKO Brimob Polda Jatim.

Kemudian untuk Kecamatan Kangayan terdiri dari BKO pengamanan TPS 8 petugas dan 1 petugas monitoring. Sedangkan untuk Kecamatan Sapeken petugas yang diterjunkan sebanyak 21 pasukan BKO pengamanan TPS, 1 petugas monitoring, dan 10 pasukan BKO Brimob Polda Jatim.

Setelah pemberangkatan pasukan ke dua wilayah kepulauan itu, Polres Sumenep lanjut menerjunkan petugas pengamanan Pilkada untuk kepulauan Sapudi dan Raas.

Pasukan yang diterjunkan di Kepulauan Sapudi yaitu BKO pengamanan TPS 10 orang, monitoring 1 orang, BKO Brimob Polda Jatim 10 orang untuk Kecamatan Gayam. Kemudian BKO pengamanan TPS sebanyak 8 pasukan diterjunkan di Kecamatan Nunggunong.

Baca juga:  Didesak Mahasiswa, DPRD-Pemkab Sampang Sepakat Menolak Omnibus Law

Selain itu, untuk Kecamatan Raas petugas yang diberangkatkan sebanyak 10 pasukan BKO pengamanan TPS, 1 petugas monitoring, dan 10 pasukan BKO Brimob Polda Jatim.

“Petugas BKO untuk pengamanan TPS dan dari Brimob Polda Jatim juga akan disebar di wilayah daratan,” ucap Kasubaghumas Polres Sumenep AKP Widiarti, Ahad (6/12).

Diterangkan, pengamanan Pilkada Sumenep 2020 juga dibantu pasukan dari Polres se Madura. Yakni Polres Bangkalan, Sampang dan Pamekasan, termasuk Polres Sumenep. “Setelah pemberangkatan pasukan pengamanan wilayah kepulauan, nanti lanjut untuk wilayah daratan,” tutupnya. (*/MH)