Meski Belum Jelas Berangkat ke Tanah Suci, Ratusan CJH Sampang Tetap Divaksin

Calon Jemaah Haji Divaksin
Istimewa.

maduraindepth.com – Sebanyak 442 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sampang harus menjalani vaksinasi Covid-19. Meski sampai saat ini keberangkatan mereka ke tanah suci Mekkah belum ada kepastian.

Kasi Urusan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Fathorrahman menyampaikan, vaksinasi Covid-19 bagi ratusan CJH tersebut merupakan upaya mencegah penularan virus Corona.


‚ÄúSuntik vaksin terhadap CJH Sampang, hal ini kami lakukan sesuai dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi,” ujar Fathorrahman pada maduraindepth.com, Kamis (1/4).

Kata Fathorrahman, meski sampai sekarang belum ada keputusan secara resmi dari pemerintah pusat terkait pemberangkatan tahun ini, vaksinasi harus tetap dilakukan.

“Saat ini masih masa pandemi, proses suntik vaksin Covid-19 bagi para CJH Sampang akan dilaksanakan secara bertahap, mulai dari yang berumur lansia hingga yang muda,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi menyebut, pihak Kemenag sudah menyetorkan data CJH. Nantinya data tersebut akan diseleksi dan dilakukan pemilihan data kembali.

“Jumlah CJH yang ada, kami mencoba akan memprioritaskan bagi warga lansia,” ucap Agus.

Dilaporkan bahwa bagi CJH asal Sampang yang sudah lanjut usia (lansia) atau berumur 59 tahun ada sebanyak 100 orang. Mereka nantinya akan mendapat vaksinasi Covid-19. (Alim/MH)