Opini  

Menembus Kemanusiaan: Kekuatan Cerita Human Interest

Moh Haidar Masarih
Moh. Haidar Masarih. (Foto: IST)

Oleh: Moh. Haidar Masarih

maduraindepth.com – Ketika kita membuka halaman depan surat kabar atau menyaksikan program berita, seringkali kita terpukau oleh cerita-cerita yang menggugah emosi kita. Terlepas dari kekerasan, politik, atau berita utama, ada satu jenis cerita yang secara konsisten menarik perhatian kita; cerita human interest.

Apa Itu Cerita Human Interest?

Cerita human interest merupakan cerita-cerita yang menyoroti aspek kemanusiaan dari suatu peristiwa, pengalaman, atau individu. Mereka menggali aspek-aspek emosional, inspiratif, atau menyentuh hati dari kehidupan manusia. Bisa jadi itu tentang kisah kesuksesan seorang atlet difabel, perjuangan seorang petani untuk menyekolahkan anak-anaknya, atau kisah pengorbanan seorang relawan di daerah bencana.

Mengapa Cerita Human Interest Penting?

1. Menghubungkan Kemanusiaan: Cerita human interest menghubungkan kita dengan aspek kemanusiaan yang mendalam. Mereka memungkinkan kita untuk melihat dunia melalui lensa yang lebih empatik dan pengertian.
2. Inspiratif: Kisah-kisah ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita. Mereka menunjukkan bahwa di tengah tantangan dan kesulitan, ada harapan, kekuatan, dan kebaikan yang dapat ditemukan dalam diri manusia.
3. Menggerakkan Perubahan: Cerita-cerita ini juga memiliki kekuatan untuk menggerakkan perubahan. Mereka membangkitkan kesadaran akan isu-isu tertentu dan mendorong tindakan positif dari masyarakat.

Kekuatan Cerita

Cerita-cerita human interest memiliki kekuatan untuk menembus batas-batas budaya, bahasa, dan agama. Mereka menyatukan kita sebagai manusia di tengah keragaman kita. Ketika kita mendengar atau membaca kisah-kisah ini, kita merasa terhubung satu sama lain dalam pengalaman kita sebagai manusia.

Baca juga:  Mahbub Djunaidi dan Khittah 1926 NU

Tantangan dalam Menceritakan Cerita Human Interest

Meskipun cerita-cerita human interest memiliki dampak emosional yang besar, ada tantangan tertentu dalam menceritakannya. Beberapa di antaranya termasuk memastikan kebenaran fakta, menjaga kepekaan terhadap privasi individu, dan menghindari sensationalisme yang tidak etis.

Cerita human interest memainkan peran yang penting dalam media dan jurnalisme. Mereka bukan hanya tentang menghibur atau membangkitkan emosi, tetapi juga tentang menghubungkan kita dengan kemanusiaan yang universal. Melalui cerita-cerita ini, kita dapat belajar, menginspirasi, dan bergerak menuju dunia yang lebih baik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto