Malam Tahun Baru, PAC GP Ansor Pulau Mandangin Gelar ‘Mandangin Bershalawat’

0
195
Mandangin Bershalawat, kegiatan malam tahun baru di Pulau Mandangin. (AW/MI)

maduraindepth.com – Pada malam pergantian tahun, Selasa malam (31/12/2019) kemarin, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Desa Pulau Mandangin, Sampang, Madura, menggelar acara ‘Mandangin Bershalawat’. Kegiatan ini digelar di area Dermaga Pulau Mandangin.

Sejumlah kelompok Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) tampil mengisi acara. Diantaranya, MDS Al-Hasaniyah, MDS Fatal Mukhtar, MDS Rijalul Falah dan MDS Ahbabun Nabi kampung Bagas.

Tak kurang dari 500 orang melantunkan sholawat bersama sembari mendoakan keselamatan desa di tahun baru 2020. Sejumlah pengurus MWCNU, aparatur desa, BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat terlihat berada di lokasi kegiatan. Selain itu, puluhan Banser terlihat berjaga-jaga di lokasi, sebagian berkeliling Mandangin untuk memastikan bahwa kondisi desa aman.

Masy’ady, Ketua PAC GP Ansor Mandangin menyampaikan, Mandangin Bershalawat digelar untuk meminimalisir tradisi kegiatan malam pergantian tahun yang cenderung negatif dan hura-hura.

“Ini merupakan agenda rutin PAC Ansor Mandangin dalam rangka meminimalisir adanya kebut-kebutan, petasan dan kegiatan yang kurang produktif di malam tahun baru,” ujar Ady, sapaan akrabnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dewan Penasehat PAC Ansor, Ust Lukman Hakim. Alumni Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, ini mengajak sahabat Ansor agar selalu menebar kasih sayang (rahmah) dalam menanggulangi kenakalan remaja dan degradasi moral di Pulau berpenduduk 20 ribu jiwa tersebut.

“Untuk menanggulangi kenakalan remaja maka yang perlu kita lakukan adalah pendekatan ramah bukan marah,” tukasnya. (AW)