Lindungi Pantai, Relawan di Sumenep Tanam 10 Ribu Mangrove

Para relawan di Sumenep, Madura sedang menanam bibit pohon mangrove di pantai Morron, Desa Lombang, Kecamatan Giligenting, Pulau Gili Raja, Kabupaten Sumenep, Rabu (22/12). (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Sebanyak 250 relawan melakukan penanaman 10 ribu bibit pohon mangrove di Pantai Morron, Desa Lombang, Kecamatan Giligenting, Pulau Gili Raja, Kabupaten Sumenep, Rabu (22/12).

Penanaman ribuan pohon mangrove untuk melindungi pesisir dari abrasi dan gelombang tinggi serta mengurangi pengaruh pemanasan global.


“Yang terlibat pada kegiatan ini adalah relawan lingkungan dari berbagai kalangan,” ujar Fadel Abu Aufa, Ketua Kelompok Peduli Mangrove Madura Korwi Sumenep.

Pria yang juga menjabat Sekretaris Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Reng Paseser itu menjelaskan, relawan yang terlibat antara lain, Pokmaswas Reng Paseser, Kelompok Peduli Magrove Madura, Pemerintah Desa (Pemdes) Lombang, siswa SMPN 2 Giligenting, SDN Jate dan SDN Banbaru 1.

Dikatakannya, hutan mangrove memiliki peran penting bagi bumi. Diantara manfaatnya adalah menyaring polutan, menyerap Co2, memperbaiki habitat dan ekosistem di pantai.

“Maka penting bagi kita untuk menjaganya dan melestarikan secara bersama-sama,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here