Kepanikan Masyarakat Terhadap Covid-19

0
57
Ach. Muzammil. (Muzammil for MI)
Oleh : Ach Muzammil*

maduraindepth.com – Akhir-akhir ini dunia sedang dikagetkan dengan adanya covid-19, tak terkecuali Indonesia sendiri. Tentunya, ini memicu kepanikan masyarakat, serta banyak aspek yang dirugikan oleh adanya covid-19.

Terlihat anjloknya roda ekonomi masyarakat. Bagaimana tidak, pemerintah serentak melakukan system lockdown di setiap daerah. Mungkin hal ini sangat wajar dilakukan, namun rakyat kecil masih belum melakukan peraturan ini karena pekerjaan mereka menuntut bekerja diluar.

Begitupun dari segi Pendidikan. Melihat Pendidikan sekarang belum dikatakan efektif meski setiap sekolah melakukan pertemuan online. Sebut saja sekolah dasar, pemerintah belum melihat seberapa siswa yang mempunyai handphone yang bisa terhubung ke internet. Lagi-lagi ekonomi menghambat efektifan proses belajar.

Virus ini dari kabarnya bisa dihancurkan oleh sabun dengan pencucian tangan. Bahkan sebuah studi baru menunjukkan bahwa wabah virus corona ini bisa bertahan di udara selama beberapa waktu bergantung pada panas dan kelembapannya. Selain itu virus corona ini banyak dibincangi mulai dari televisi, radio, dan lain-lain.

Secara umum yang terkena virus corona ini bergejala yakni demam tinggi, flu, batuk, dan gangguan pada pernafasan. Virus ini mempunyai selubung protein, RNA dan duri-duri protein.

Sebenarnya perlu diketahui pada saat virus menyebar melalui tetesan air liur seperti halnya batuk atau bersin. Virus akan masuk pada jalur pernapasan di bagian belakang tenggorokan, duri-duri protein akan menempel pada membran sel virus kemudian mereplikakan diri sangat cepat dan membajak RNA sel untuk menduplikasikan RNA nya sendiri. Sehingga sel tidak lagi berkembang untuk kesehatan tubuh melainkan untuk memperbanyak virusnya.

Penyakit ini pun diklarifikasikan sebagai penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia, namun bisa juga dari manusia ke manusia. Maka dari hal inilah yang ditakutkan karena memang penyebarannya bisa dilakukan. Salah satunya yaitu jika seseorang yang terjangkit virus corona ini kemudian batuk dan bersin maka percikan-percikannya itu dapat menimbulkan penularan terhadap orang yang di hadapannya.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga jarak lebih dari satu meter dari orang sakit. Tetap mengikuti informasi terbaru tentang wabah covid-19.
(*)

* Ach. Muzammil, Prodi: Pendidikan Bahasa Arab, Semester: 6, Fakultas: Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here