Kenaikan BBM Berimbas Pada Harga Sembako dan Material, Masyarakat Bisa Pantau Melalui Siskaperbapo dan Sigarang

BBM Sembako
Petugas SPBU di Sampang saat melakukan pengisian BBM. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ditengarai akan berimbas pada harga sembako dan material bangunan. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Sampang, Sapta Nuris Ramlan, Senin (5/9).

Sapta mengungkapkan, pihaknya diundang Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sampang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk membahas hal-hal krusial, hari ini, Selasa (6/9). Salah satunya membahas mengenai kenaikan harga BBM.

Menurutnya kenaikan harga BBM tidak menutup kemungkinan akan berimbas pada harga bahan baku yang lain. Seperti sembako dan bahan material bangunan yang diprediksi akan mengalami kenaikan harga.

“Kalau dari laporan tim pencacah kami harga-harga yang lain saat ini masih stabil, hanya BBM saja yang mengalami kenaikan,” terangnya.

Kata Sapta, lambat laun harga yang lain akan ikut mengalami kenaikan. Sebab menurut dia, transportasi yang merupakan sarana angkutan membutuhkan BBM. “Otomatis harga sembako dan material juga naik,” tambahnya.

Agar masyarakat bisa memantau harga rata-rata, pihaknya sudah meluncurkan dua aplikasi. Pertama, aplikasi siskaperbapo milik Provinsi Jawa Timur untuk memantau perkembangan perubahan harga setiap hari. Keuda aplikasi Sistem harga Barang (Sigarang) dengan sampel harga diambil di 12 pasar dari 14 kecamatan di Kabupaten Sampang.

“Untuk Sampang kami ambil sample dari pasar Srimangunan dan pasar Rongtengah,” tandasnya. (RIF/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info