Kemenag Imbau Pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 H Patuhi Prokes

Kemenag Sampang Idul Adha
Kepala Kemenag Sampang H. Pardi. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah, Kementerian Agama (Kemenag) Sampang menghimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan salat ied dan penyembelihan hewan kurban.

Himbauan tersebut disampaikan saat rapat bersama PCNU, MUI, DMI, RMI dan FKUB, untuk menindaklanjuti peraturan melaksanakan salat hari raya kurban di masa PPKM darurat.


Kepala Kemenag Sampang, H. Pardi menjelaskan poin penting dari himbauan tersebut guna memberikan ruang bagi daerah per RT/RW, dusun sampai desa yang masuk zona hijau tidak ada pelarangan untuk pelaksanaan itu.

“Kami bolehkan bagi musala maupun tempat-tempat ibadah lainnya yang dulu bisa dipakai untuk tarawih berjemaah, itu bisa dibuka untuk salat Idul Adha dengan tetap disipilin mematuhi prokes Covid-19. Sementara untuk daerah zona merah mohon dihindari,” terang Pardi, Rabu (14/7).

Sementara untuk penyembelihan hewan kurban, disarankan khusus panitia agar berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan atau bersama rumah potong hewan (RPH). Ini dilakukan guna menghindari adanya kerumunan.

“Sebisa memungkin menjaga jarak, panitia kurban benar-benar dipastikan orang yang bebas dari paparan Covid-19 (negatif),” ujarnya.

Pihaknya juga menyinggung soal aturan pembagian hewan kurban saat Idhul Adha. Saat pembagian tidak boleh mengundang masa, artinya harus panitia sendiri yang mengantarkan ke masing-masing rumah warga.

Baca juga:  Selama PPKM Darurat, Kemenag Sampang Terapkan WFH 100 Persen

“Tidak boleh bersentuhan, jadi silahkan diantarkan ke rumah warga yang berhak menerima, ini hampir sama dengan aturan tahun sebelumnya,” tambahnya.

Menurutnya, jika memiliki sertifikat vaksin maka lebih baik lagi dalam pelaksanaan salat ied dan penyembelihan hewan kurban. “Itu lebih baik, kalaupun nanti tidak memberlakukan itu harus dipastikan orang tersebut sehat dari paparan Covid-19,” tandasnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar saling menjaga untuk terhindar dari paparan virus corona, disiplin menjaga Prokes Covid-19 sesuai aturan pemerintah.

“Semoga Covid-19 cepat diangkat oleh Alloh SWT, sehingga kehidupan masyarakat normal kembali,” harapnya. (Alim/MH)