Jalur Rel Kereta Api Madura Bakal Kembali Diaktifkan, Said Abdullah; Satu sampai Dua Tahun ke Depan

jalur rel kereta api madura
Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah, Menko Polhukam Mahfud MD saat tiba di Bandara Trunojoyo Sumenep. (Foto: IST)

maduraindepth.com – Jalur rel kereta api di Pulau Madura rencananya akan kembali diaktifkan untuk melayani transportasi umum. Sebelumnya, rencana tersebut diusulkan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan mendapat respon positif dari Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, MH Said Abdullah.

Respon baik itu disampaikan Politisi PDIP MH Said Abdullah saat berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Kamis (2/2). Dia mengaku sudah membicarakan rencana reaktivasi jalur rel kereta api di Madura tersebut dengan semua pihak di tingkat nasional bersama Menko Polhukam RI Mahfud MD.

“Saya sudah berbicara di tingkat nasional dengan Bapak Mahfud MD,” kata Said Abdullah.

Terkait rencana reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura itu, pihaknya memastikan akan menggandeng invenstor dari Negeri Sakura, Jepang. “Insyaallah satu sampai dua tahun ke depan,” ujarnya.

Perlu diketahui, sebelumnya Bupati Sumenep Achmad Fauzi meminta pemerintah pusat untuk kembali menghidupkan kembali jalur kereta api di Madura. Reaktivasi jalur kereta perlu dilakukan demi memenuhi tingginya keinginan masyarakat.

Termasuk alternatif jika pemerintah pusat batal membangun jalan tol Trans-Madura. Politisi PDIP ini menjelaskan, bahwa reaktivasi transportasi kereta bisa meningkatkan perekonomian di Pulau Garam.

Menurut dia, ketika jalur kereta masih beroperasi, ada banyak komoditas yang diangkut dari Madura ke Surabaya, maupu ke wilayah Jawa Timur lainnya. Mengingat, Madura kaya akan berbagai komoditas, seperti garam, gula, jagung, dan daging sapi.

Baca juga:  Pemdes Pulau Mandangin Salurkan BLT DD 2021 Tahap I kepada 365 Warga

“Kayanya potensi ini membuat Madura bisa menjadi kekuatan andalan nasional untuk menopang target swasembada pangan. Namun, infrastruktur untuk menopang hal tersebut belum banyak difasilitasi,” tuturnya. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *