Ini Kata Kepala Kemenag Sampang Soal Himbauan Tarawih dan Idul Fitri di Rumah

0
245
Tarawih Idul Fitri
Tangkapan layar SE Kemenag RI yang ditandatangani Menteri Agama, Fachrul Razi. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Di tengah pandemi Covid-19 kementerian Agama (Kemenag) RI menerbitkan surat edaran (SE) mengenai panduan ibadah di bulan suci Ramadhan dan 1 Syawal 1441 Hijriah. SE Nomor 6 tahun 2020 itu ditujukan kepada Kepala Kanwil Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/kota dan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) se-Indonesia.

Dalam SE yang ditandatangani Menteri Agama, Fachrul Razi tersebut tertulis, tujuannya untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan syari’at Islam. Selain itu juga untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19.

Termasuk berbagai rangkaian ibadah yang terkait dengan Ramadhan dan Idul Fitri. Dimana ibadah yang dilaksanakan pada bulan tersebut lazimnya dilakukan dalam kumpulan orang banyak.

Melalui SE tersebut, Kemenag RI mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat tarawih secara individual atau berjemaah di rumah masing-masing. Kemudian tidak melakukan takbir keliling dan salat idul fitri yang lazimnya dilaksanakan berjemaah baik di masjid atau lapangan.

Kepala Kantor Kemenag Sampang, H. Pardi menuturkan, terkait dengan SE yang diterbitkan pada Senin (6/4) lalu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan ketua PC NU Sampang. Di samping itu pihaknya mengaku juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kantor urusan agama (KUA) se-Kabupaten Sampang.

“Apabila masih ada yang tidak mengikuti edaran tersebut, maka hal itu kembali kepada kepekaan masing-masing terhadap upaya bersama untuk melawan corona secara masif,” tuturnya saat dikonfirmasi, Selasa (7/4) malam.

Pardi mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksakan SE yang diterbitkan Kemenag RI itu diterapkan di Kabupaten Sampang. Dia mengklaim, bahwa pihaknya hanya punya kewenangan untuk mengajak, menyerukan dan mensosialisasikan.

“Selanjutnya kembali pada keinginan kuat agar kita bersama bisa lepas dari musibah pandemi ini, dan itu butuh kesadaran,” pungkasnya. (RIF/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here