Hari Nelayan Nasional, Momentum Mensejahterakan Nelayan Sampang di Masa Pandemi Covid-19

48
Hari Nelayan Nasional
Sejumlah nelayan saat menangkap ikan di perairan Selat Madura, Mandangin, Sampang beberapa waktu lalu. (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Hari Nelayan Nasional yang diperingati setiap 6 April menjadi refleksi pemerintah. Utamanya dalam membuat kebijakan dan program yang berpihak pada kepentingan nelayan.

Menyikapi hal itu, Dinas Perikanan Kabupaten Sampang berkomitmen terus berusaha yang terbaik bagi kesejahteraan nelayan. Salah satunya melalui program bantuan bagi nelayan di Sampang. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa pandemi Covid-19.


Sekretaris Dinas Perikanan Sampang Tri Jayadi menjelaskan, langkah nyata yang diambil instansinya untuk meminimalisir persoalan ekonomi nelayan Sampang yakni dengan memberikan bantuan rutin setiap tahun. Tujuannya, untuk bisa membantu nelayan di Kota Bahari.

“Seperti pemberian basket atau keranjang ikan dan alat tangkap lainnya seperti jaring ikan. Kami usahakan ada karena saat ini masih recofusing anggaran,” ujarnya kepada maduraindepth.com, Selasa (6/4).

Dia menjelaskan, sejauh ini meski hasil tangkapan ikan nelayan tergolong banyak, namun daya beli dari masyarakat sedikit. Penyebabnya, masih soal pandemi Covid-19.

“Daya beli menurun, sehingga mengalami stagnan yang berakibat pada kurangnya pemasukan untuk nelayan sendiri,” jelas Tri.

Diterangkan, tidak semua nelayan mendapat bantuan berupa alat tangkap tersebut. Sebab, ada penyesuaian data sesuai dengan kelaster nelayan. “Tahun 2021 akan ada program bantuan, kami usahakan setiap kecamatan dapat. Namun kami masih menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Apalagi terjadi refocusing,” ungkapnya.

Baca juga:  Dileleti Masalah Utang, ASN Sumenep Bolos Kerja

Tri berharap dengan adanya program bantuan tersebut, masyarakat nelayan di Sampang bisa terbantu dan tetap mengais rejeki di laut meski dalam masa pandemi.

“Semoga nelayan di Sampang tetap berkecukupan. Apalagi sekarang momen Hari Nelayan Nasional. Semoga tetap kuat dan sejahtera,” harapnya. (Alim/BAD)