Harga Daging Ayam Merangkak Naik Jelang Ramadan 1442 Hijriyah

Harga Daging Ayam
Pedagang daging ayam berjualan di Pasar Srimangunan Sampang, Kamis (8/4). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Jelang Ramadan 1442 Hijriyah, harga daging ayam potong di pasar Srimangunan Sampang mulai naik. Kini, harga daging ayam potong mencapai Rp 40 ribu perkilogram.

Muslimah, 40, pedagang daging ayam di Pasar Srimangunan Sampang mengatakan, harga daging ayam mulai naik sejak sepekan lalu. Biasanya, harga daging ayam hanya berkisar diangka Rp 32 ribu hingga Rp 35 ribu perkilogram.


Bahkan, sempat anjlok hingga Rp 29 ribu perkilogram. Namun sepekan yang lalu harganya melonjak hingga Rp 40 ribu perkilogram.

“Tapi sebagian masih ada yang jual Rp 35ribu sampai Rp 36 ribu perkilogram. Biasanya itu yang jual cepat meskipun untungnya minim. Kebanyakan jual Rp 39 ribu,” ucapnya, Kamis (8/4).

Menanggapi hal itu, Kasi Informasi Perdagangan, Penyaluran Barang dan Jasa Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang Abdussukur tidak memungkiri beberapa hari terakhir harga daging ayam mengalami kenaikan.

“Awalnya Rp 35 ribu perkilogram sekarang naik Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu perkilogram,” ucapnya kepada maduraindepth.com.

Berdasarkan laporan dari Jawa Timur, lanjut dia, sentra distributor untuk harga daging ayam memang sudah mengalami kenaikan beberapa waktu lalu. Terlebih pasokan barang dari distributor mengalami keterlambatan pengiriman kepada pedagang. Akibatnya, stok daging ayam di pasaran menipis dan berdampak pada kenaikan harga.

Baca juga:  Sediakan 2 Unit Bus Gratis untuk Arus Balik, Dishub Sampang: Masyarakat Bisa Daftar dengan Membawa KTP

Ditanya apakah kemungkinan kenaikan harga daging ayam sampai bulan puasa dan lebaran? Pihaknya menjawab masih belum bisa diprediksi. Sebab banyak faktor yang mendukung kenaikan dan penurunan harga daging ayam tersebut.

“Karena selalu berubah, seperti pada harga cabe rawit dulunya mahal, sekarang malah turun, begitupun dengan harga sembako lainnya,” jelas Abdussukur.

Meski demikian, pihaknya menegaskan bahwa stok daging ayam di pasar Srimangunan Sampang masih terpantau aman dan kemungkinan masih tersedia hingga Ramadan tiba.

“Alhamdulillah, menurut laporan dari tim pencacah di pasar Srimangunan Sampang untuk stok daging ayam masih terpantau aman dan banyak,” pungkasnya. (Alim/BAD)