Cuaca Buruk, Dishub Sampang Imbau Nahkoda Kapal Patuhi Aturan Keselamatan

Kapal penyeberangan Pulau Mandangin-Sampang bersandar di Pelabuhan Tanglok, Sampang. (AW/MI)

maduraindepth.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang mengimbau pemilik dan nahkoda kapal penyeberangan Sampang-Pulau Mandangin agar waspada  dan mematuhi aturan keselamatan. Sebab, beberapa pekan terakhir cuaca buruk dan angin kencang melanda wilayah perairan Sampang.

“Kami mengimbau kepada nahkoda kapal agar berhati-hati dan menjaga keselamatan selama pelayaran. Ikuti petunjuk dari Syahbandar yang ada,” ucap Yulis Juwaidi, Sekretaris Dishub Sampang kepada maduraindepth.com, Sabtu (8/8).


Mantan Kabag Humas ini menyampaikan, untuk mengantisipasi cuaca buruk, pihaknya bekerjasama dengan Syahbandar telah melakukan pencegahan. Diantaranya, sosialisasi dan pemberian bantuan alat keselamatan laut seperti pelampung dan life jacket.

Pada tahun 2016, terang Yulis, pemilik atau nahkoda kapal penyeberangan telah diberi bantuan life jacket dari Provinsi sebanyak 250 buah. Dan tahun 2018 bantuan serupa dari Syahbandar sekitar 300 buah.

“Saya tekankan agar nahkoda kapal membawa pelampung atau life jacket dan ditaruh di kapal sehingga bisa digunakan oleh penumpang,” tegasnya.

Lebih lanjut, Yulis mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendataan semua kapal penyeberangan yang sandar di Pelabuhan Tanglok dengan sistem aplikasi.

“Sudah dua bulan ini kami mulai mendata setiap kapal, nama dan pemilik serta surat-menyurat. Termasuk juga penumpangnya setiap hari didata oleh petugas kami,” imbuhnya.

Yulis berharap, dengan adanya aplikasi data kapal penyeberangan tersebut, pihaknya bisa mengetahui dan mengidentifikasi jika ada kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Rombongan Jamaah Haji Asal Sumenep Terlibat Laka Beruntun

“Tapi mudah-mudahan tidak terjadi sesuatu,” harapnya. (AW)