Bupati Jaga Keutuhan Keturunan Raja-Raja Sumenep

0
95
Bupati Sumenep Busyro Karim.

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus menjaga keutuhan keluarga keturunan raja-raja dalam membangun Sumenep, guna melanjutkan pembangunan para leluhur.

Bupati Sumenep Busyro Karim mengatakan, raja-raja Sumenep telah berhasil memimpin Kabupaten Sumenep untuk menjadikan daerah yang maju dan berkembang. Buktinya banyak pembangunan yang dilakukan pada masa pemerintahan raja-raja yang masih ada hingga saat ini, misalnya Masjid Jamik dan Pendopo Agung Keraton Sumenep.

“Kita ada pada saat ini, tidak lepas dari jerih payah perjuangan para raja, karena tanpa batas perjuangan mereka Kabupaten Sumenep ada sampai saat ini,” kata Bupati Busyro, Kamis (30/5).

Keberhasilan raja-raja Sumenep, lanjut Buya sarapan akrabnya ini, tidak lepas dari dukungan masyarakatnya, karena keistimewaan raja-raja Sumenep mampu mengajak seluruh rakyatnya untuk bersama-sama bekerja keras membangun Kota Keris.

“Raja-Raja Sumenep sangat luar biasa, karena mampu menciptakan sistem pemerintahan dan merangsang rakyatnya bekerja keras dalam rangka membangun kerajaan Sumenep,” tutur suami Nurfitriana ini.

Dia berharap, warisan sistem pemerintahan raja-raja Sumenep yang mengajak masyarakat ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam pembangunan harus terus terjaga hingga saat ini.

“Kami harapkan keterlibatan masyarakat mengisi pembangunan di segala sektor harus dilakukan sampai detik ini, siapapun Bupati dan Wakil Bupatinya. Karena, partisipasi masyarakat dibutuhkan pada proses pembangunan daerah,” tandas Bupati dua periode ini.

Ia menyampaikan, selain itu, raja-raja Sumenep dalam membangun daerah manakala ada masalah mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan masalah.

“Para raja senang bermusyawarah dalam memecahkan dan mencari solusi penyelesaian masalah, sehingga jika ada masalah bisa diselesaikan dengan musyawarah dengan melibatkan semua pihak terkait,” pungkasnya. (MR/NR)