Wartawan maduraindepth.com Jadi Pemateri Workshop Literasi di SMAN 1 Galis Pamekasan

0
58
Tingkatkan Minat Baca
Peserta workshop menggelar foto bersama usai acara. (Foto: MI2/MI)

maduraindepth.com – Ada banyak cara guna meningkatkan minat baca bagi siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA). Salah satunya dengan menggelar workshop literasi di SMAN 1 Galis, Jl. Raya Konang, Pamekasan, Rabu (6/10/2019) kemarin.

Hadir dalam kegiatan yang digelar mahasiswa Fakultas Tarbiyyah IAIN Madura ini ketua tata usaha (TU) SMAN 1 Galis Siti Maryam, mahasiswa IAIN Madura daru berbagai jurusan dan siswa-siswi kelas X SMAN 1 Galis. Selain itu, wartawan maduraindepth.com Umarul Faruk juga hadir bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan yang bertema “Menyebarluaskan Virus Cinta Baca” tersebut.

Ketua Panitia, Moh Jamaluddin menjelaskan, digelarnya acara tersebut adalah murni inisiatif mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Madura yang sedang melaksanakan praktik pendidikan 2 di SMAN 1 Galis. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan minat membaca peserta didik kelas X SMAN 1 Galis Kabupaten Pamekasan.

“Ini inisiatif dari teman-teman Fakultas Tarbiyah agar dapat menambah wawasan baru peserta didik,” jelas mahasiswa semester tujuh tersebut.

Tingkatkan Minat Baca, SMAN 1 Galis Pamekasan
Wartawan maduraindepth.com saat mengisi materi workshop di SMAN 1 Galis, Pamekasan, Rabu 6 November 2019. (Foto: MI2/MI)

Sementara Umarul Faruk, selaku pemateri dalam kegiatan tersebut menyampaikan, minat baca generasi muda di Indonesia masih lemah.

“Dari Data World’s Most Literate Nations, produk dari Central Connecticut State University (CCSU), Indonesia berada pada ranking 62 dari 70 Negara. Ini menunjukkan bahwa tingkat baca pada generasi kita masih sangat lemah. Padahal, dengan membaca kita tidak gampang dibodohi, terprovokasi,” jelas pria yang berprofesi sebagai wartawan di maduraindepth.com.

Menurut Faruk, sapaan karib Umarul Faruk, cara terbaik agar generasi saat ini bisa mencintai budaya membaca adalah dengan cara memulai. “Ada yang mengatakan, waktu terbaik untuk memulai sesuatu adalah kemarin dan metode terbaik untuk mencintai bacaan adalah memulai,” tandasnya. (MI2/MH)