Prihatin! Soal Minat Baca, Indonesia Peringkat ke 60 dari 61 Negara

Sekda Kabupaten Sampang, Puthut Budi Santoso bersama Tim Perpustakaan Nasional RI.

maduraindepth.com – Dengan bermodal mandat dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sampang laksanakan Kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca.

Kegiatan yang bertajuk ‘Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat’ ini digelar di aula kampus Akademi Keperawatan Nazhatut Thullab, Jl. Diponegoro No 11, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (23/4/2019) pagi tadi.


Bupati Sampang H. Slamet Junaidi  melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Puthut Budi Santoso mengapresiasi terselenggaranya kegiatan yang menurutnya sangat besar manfaatnya untuk mendukung visi dan misi Pemkab Sampang.

“Khususnya dalam misi yang pertama, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan daya saing,” Ucapnya saat membuka kegiatan tersebut.

Puthut juga mengungkapkan, melalui kegiatan ini pihaknya berusaha secara kolektif untuk membangun kesadaran tentang pentingnya menumbuhkan minat baca dan literisasi masyarakat.

Mengingat tingkat literisasi anak-anak bangsa Indonesia, sambung Puthut, menurut survei yang dirilis Central Connecticut State University tahun 2016 sangat memprihatinkan. Sebab dalam survei itu Indonesia berada di peringkat ke 60 dari 61 negara yang disurvei.

Menurutnya, hal ini harus menjadi perhatian bersama dan penting untuk dilakukan terobosan-terobosan agar literisasi bangsa makin meningkat.

“Untuk itu program-program seperti Safari Gemar Membaca ini penting untuk kita support,” ujar Puthut Budi Santoso, Selasa (23/4/2019).

Baca juga:  Dinsos Belum Kantongi Data Rekapitulasi Penerima BPNT yang Dihapus

Sekedar diketahui, kegaitan ini diikuti sekitar 100 peserta yang terhimpun dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), stakeholder, dan Insan Pers. Turut hadir Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Drs. Iriyanto M.Si, Anggota DPR RI Komisi X, Hj. Zairina  dan beberapa instansi terkait lainnya. (MH/mi)