Wakil Bupati Sumenep Minta Masyarakat Lestarikan Musik Daul

0
82
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi ketika di salah satu acara. (MR/MI)

maduraindepth.com – Musik tong-tong atau juga disebut musik Daul merupakan asli warisan budaya Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Bahkan saat mendekati hari lahir Kabupaten paling ujung timur pulau Madura tersebut, biasanya kesenian tradisional ini dipertunjukkan.

Selain event pemerintah, musik Daul ini juga banyak ditampilkan di berbagai kegiatan masyarakat.

Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep meminta masyarakat agar melestarikan musik tradisional Madura tersebut. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta melestarikan musik tradisional Daul atau musik Tong-tong.

“Atas nama pemerintah kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah peduli terhadap kesenian dan kebudayaan Sumenep,” ujarnya, saat memberikan sambutan di acara ulang tahun salah satu media online setempat, Sabtu (24/8/2019) malam.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, keberadaan musik Daul tidak hanya terkenal di Sumenep tapi sudah melegenda dan populer hingga Nasional.

“Musik Daul ini tidak hanya populer di Madura, namun juga sudah melegenda hingga nasional. Terbukti setiap event nasional musik Daul selalu tampil untuk menghibur tamu mancanegara seperti di festival kesenian di Bali tiga bulan yang lalu,” pungkasnya. (MR/AW)