Tips Membuat Hand Sanitizer Ala Mahasiswa UTM

Cara membuat hand sanitizer
Mahasiswa KKN-T UTM kelompok 67 saat melakukan pengabdian masyarakat di desa Kaconhgan, Kecamatan Kota Sumenep beberapa waktu lalu. (Foto: Zulfikar Agung for MI)

maduraindepth.com – Hand Sanitizer sudah menjadi kebutuhan penting sejak munculnya virus Corona beberapa tahun silam. Sampai saat ini masyarakat Indonesia terbiasa membawa pembersih tangan dari kuman dan bakteri tersebut. Tak terkecuali masyarakat Madura, mereka senantiasa membawa cairan yang bisa dibeli di apotek atau minimarket tersebut.

Berbeda dengan masyarakat lainnya, warga di Desa Kacongan Kecamatan Kota, Sumenep, sudah bisa memproduksi hand sanitizer sendiri. Tak hanya itu, hand sanitizer buatan warga Kacongan ini ramah lingkungan dan sangat hemat biaya. Sebab, seluruh bahannya ada di sekitar rumah warga.


Pengetahuan warga dalam membuat hand sanitizer tersebut tidak datang begitu saja. Warga mendapat kemampuan tersebut setelah kampungnya menjadi tempat Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kelompok 67.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, Kelompok dengan dosen pembimbing Dr. Mohammad Hipni S,Hi. M,Hi tersebut mengangkat tema “Kebangkitan Sosial dan Ekonomi’.

Berdasar tema itulah kelompok KKN-T 67 kemudian mengumpulkan sejumlah perempuan di desa kacongan untuk belajar membuat hand sanitizer. Kegiatan tersebut berlangsung di balai desa Kacongan pada 21 Mei lalu. Mahasiswa pun menyiapkan bahan-bahan yang mudah yang ada di sekitar rumah warga.

Bahan utama yang disiapkan adalah daun sirih dan jeruk nipis. Daun sirih berfungsi sebagai alternatif antiseptik atau antibakteri. Sedangkan jeruk nipis berfungsi sebagai pewangi atau penetral aroma daun sirih.

Baca juga:  Bakal Jadi Tempat Isolasi, Kampus UTM Bisa Menampung 336 Pasien Covid-19

Berikut adalah langkah-langkah membuat hand sanitizer ala mahasiswa KKN-T 67 UTM:

1. Rebus 3 lembar daun sirih dengan air sebanyak 550ml. Dinginkan rebusan air daun sirih.
2. Peras jeruk nipis lalu saring.
3. Tuangkan alkohol ke dalam gelas ukur sebanyak 50ml.
4. Tambahkan air rebusan daun sirih sebanyak 50ml.
5. Tambahkan 2 sendok teh perasan jeruk nipis.
6. Aduk seluruh bahan yang telah dicampurkan hingga merata
7. Masukkan ke dalam botol. Handsanitizer ramah dan murahmu siap digunakan. (Z Agung/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here