Terkuak, PD Sumekar Terima Uang Muka Pembayaran Perumahan Randu Permai dari User

Perumahan Randu Permai Sumenep
Warga menunjukkan bukti kwitansi pembayaran terkait penyetoran uang muka perumahan Randu Permai II. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Polemik perumahan Randu Permai tak kunjung usai. Perumahan yang terletak di Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Sumenep itu hingga kini belum dilengkapi fasilitas umum (fasum) dan ruang terbuka hijau (RTH).

Bahkan, PD Sumekar dan PT Randu Putra Perkasa selaku pihak terkait terkesan lalai dalam memenuhi kewajibannya. Selain itu, akses jalan perumahan yang mulai dibangun sejak 2017 itu hingga awal Juli 2021 masih terlihat rusak.


Sebelumnya, kedua belah pihak tersebut saling lempar tanggungjawab. PD Sumekar mengaku hanya membantu memasarkan perumahan itu. Namun belakangan, warga yang menghuni perumahan Randu Permai mulai menguak fakta.

Ternyata, PD Sumekar yang merupakan salah satu BUMD di Sumenep itu tidak hanya terlibat dalam memasarkan unit rumah. Melainkan juga menerima uang muka pembayaran perumahan dari user. Terbukti, dalam kwitansi pembayaran uang muka tersebut tertera PD Sumekar sebagai pihak penerima.

Baca juga:

Perumahan Tak Dilengkapi Fasum, PD Sumekar dan PT Randu Permai Saling Lempar Tanggungjawab

Ketua RT 04 RW 03 Perumahan Randu Permai, Saiful Anwar menyampaikan, ada yang janggal pada proses kerjasama antara PD Sumekar dan PT Randu Putra Perkasa. Terlebih PD Sumekar mengaku hanya ikut membantu memasarkan penjualan perumahan. Faktanya, PD Sumekar tidak hanya melaksanakan tugas marketing.

Baca juga:  Polres Sampang Ringkus Lima Penadah Curanmor

“Pemasarkan itu kan hanya memasarkan. Cari konsumen atau user,” ucapnya, Kamis (1/7).

Akan tetapi, lanjut dia, PD Sumekar juga terlibat dalam urusan keuangan. Pasalnya, sebagian besar user melakukan transaksi pembayaran (transfer) uang muka perumahan ke rekening PD Sumekar. Menurut Saiful, jika hanya membantu memasarkan semestinya PD Sumekar tidak ikut terlibat dalam urusan keuangan.

“Sebagai orang awam, tentu ada yang janggal. Sebagian transaksi keuangan masuk ke rekening PD Sumekar,” tuturnya heran.

Sementara itu, Direktur PD Sumekar Moh. Riyadi tidak merespon upaya konfirmasi terkait persoalan tersebut. Namun sebelumnya, dia menegaskan jika posisi PD Sumekar hanya sebagai pihak yang membantu memasarkan perumahan Randu Permai. Sedangkan pengembang perumahan itu merupakan PT Randu Putra Perkasa. (BAD)