Perumahan Tak Dilengkapi Fasum, PD Sumekar dan PT Randu Permai Saling Lempar Tanggungjawab

Perumahan Randu Permai
Warga saat melintas di jalanan perumahan Randu Permai, Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Sumenep beberapa hari lalu. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Bertahun-tahun, perumahan Randu Permai hingga kini belum dilengkapi fasilitas umum (fasum). Perumahan yang terletak di Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Sumenep tersebut juga tidak dilengkapi ruang terbuka hijau (RTH). Bahkan, akses jalan rusak.

Menanggapi persoalan itu, Direktur PD Sumekar Moh. Riyadi beralasan jika pihaknya tidak pernah terlibat dalam pembangunan perumahan tersebut. PD Sumekar menurut dia hanya memasarkan perumahan itu. Selebihnya, urusan pembangunan merupakan tanggungjawab PT Randu Permai selaku pengembang.


Selama ini, kebanyakan penghuni perumahan tersebut beranggapan jika PD Sumekar ikut terlibat dalam semua penggarapan perumahan Randu Permai. “Yang bangun perumahan di Babbalan adalah PT Randu Permai. Kebetulan letak kantornya jadi satu dengan PD Sumekar,” ucapnya.

Belakangan diketahui jika PT Randu Permai merupakan perusahaan miliki orang Probolinggo. Sedangkan untuk wilayah Madura dipercayakan kepada putra mantan Direktur PD Sumekar Darwis Maszar, yakni Faqih Qodafi.

Saat dikonfirmasi, Faqih tidak mengelak jika PT Randu Permai merupakan pengembang perumahan tersebut berkerjasama dengan PD Sumekar (Salah satu BUMD di Sumenep). Hanya saja, dia mengaku kini tidak lagi bekerja di PT Randu Permai.

Soal fasum di lingkungan perumahan Randu Permai, Faqih tidak memberikan banyak keterangan. Dia meminta agar permasalahan itu dikonfirmasi langsung kepada pihak PT Randu Permain. “Saya tidak di PT Randu Permai lagi. Saya juga bukan direktur. Saya kerja cuma sebagai staf saja,” tandasnya. (BAD)