banner auto

Tahun 2023, Produksi Minyak di Jawa Timur Lampaui Target Pemerintah

Produksi minyak jawa timur 2023
Foto: IST

maduraindepth.com – Realisasi produksi minyak Jawa Timur dan Jawa Tengah tahun 2023 diperkirakan sebesar 193 ribu BOPD. Angka itu melampaui target yang ditetapkan pemerintah sebesar 181 ribu BOPD.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Nurahidi menjelaskan, produksi minyak di Jawa Timur terutama berasal dari 11 KKKS yang beroperasi di wilayah Bojonegoro, Gresik dan Pulau madura. “Produksi dan lifting minyak Jawa Tengah dan Jawa timur sampai saat ini mencapai 106 persen,” kata Nurwahidi dihadapan pulujan jurnalis media nasional yang berkunjung fasilitas produksi PGN Saka di Kawasan Industri Manyar Gresik Jawa Timur, Senin (27/11).

Sedangkan untuk gas, kata dia, potensi produksi atau lifting juga mencapai target.
Namun kemampuan serapan gas oleh buyer (pembeli) Jawa Tengah dan Jawa Timur masih belum optimal, karena produksi gas oversupply.

Perlu diketahui, PGN Saka sendiri memiliki fasilitas produksi di laut (offshore) dan di darat (onshore). “Dari laut sesuai alur mengalir terus minyak dan gas hingga ke fasilitas produksi Onshore,” kata Sulistyo Handoko – Plant Manager.

“Selain minyak dan gas, kami juga melakukan hilirisasi dengan memproduksi LPG yang kapasitasnya 150 ton per hari, sehingga membantu Pemerintah dalam mengurangi impor LPG,” imbuh Handoko

Selain menjelaskan fasilitas produksi migas, SKK Migas dan PGN Saka juga menjelaskan program pengembangan masyarakat, di kawasan wilayah kerja migas. Dengan konsep living in harmony, melalui program Pengembangan masyarakat (PPM) yang dijalankan SKK Migas dan PGN Saka. (*)

Baca juga:  Bocah di Bangkalan Tertular Covid-19 dari Orang Tua

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto