Sheculfest 2019 Akan Hadir Kembali Di Sumenep, Catat Tanggalnya

0
115
Istimewa

maduraindepth.com – Setelah sukses digelar tahun lalu, Festival Kuliner nusantara, atau yang biasa disebut Sumenep Heritage Culinary Festival (Sheculfest) akan hadir kembali tahun ini. Tepatnya pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 12-13 Oktober 2019.

Acara yang dikemas dua hari itu, telah menjadi agenda visit 2019. Di tahun sebelumnya, Festival Kuliner Nusantara sukses digelar di Sumenep bersama chef Marinka. Namun, pada tahun ini Sumenep datangkan chef Juna Rorimpadey.

“Kami Dinas Pertanian Tanaman Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahourtbun) masih melaksanakan Festival Kuliner Nusantara seperti yang dulu, kita luaskan saja menjadi Festival Kuliner. Bahkan bisa disebut Sumenep Heritage Culinary Festival (Sheculfest),” ungkap Arif Firmanto, Kepala Dispertahourtbun Sumenep, Rabu (9/10).

Acara dengan tema Lomba Memasak Mertua & Menantu bersama chef Juna Rorimpadey official di Taman Adipura Sumenep itu, akan diikuti oleh masyarakat umum dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam hal ini, Dispertahourtbun selaku panitia berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep. “Kebetulan tahun ini ada dua OPD, artinya kuliner ini kita kolaborasikan dengan kegiatan event yang ada di Disparbudpora. Yang pertama ada Topeng Dalang, kemudian ada Agen Tour dan Travel yang mereka undang. Jadi kita satukan disatu event di Festival Kuliner ini,” kata Arif.

Dalam Festival Kuliner sendiri, akan menampilkan masakan Khas kota Sumekar. Terlepas dari itu, kuliner luar daerah pun juga akan ikut andil dalam Festival Kuliner tersebut, hal itu dilakukan untuk menarik pengunjung dari luar Pulau Madura.

“Kegiatan Festival Kuliner ini akan menampilkan beberapa kuliner yang ada di Sumenep maupun luar Sumenep, bisa saja Nusantara,” paparnya.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan bahwa rencananya Disparbudpora Sumenep akan bekerjasama dengan Disparbudpora se-Madura. “Seperti tahun kemarin, kita bisa menampilkan masakan dari luar. Tahun ini kita meminta Disparbudpora untuk menghubungi Disparbudpora se-Madura agar bisa hadir untuk menampilkan kuliner di daerah masing-masing,” tuturnya.

Nantinya, kata dia, sebanyak 60 stand akan dipasanh di sepanjang Jalan Dokter Sutomo sampai Labang Mesem, Pendopo Keraton Sumenep. Stand tersebut disiapkn untuk para peserta festival kuliner.

“Kita fasilitasi 60 stand gratis, dan kita akan laksanakan di Jalan Dokter Sutomo Taman Adipura sampai Labang Mesem. Fungsinya untuk memudahkan para peserta maupun masyarakat yang akan hadir melihat Topeng Dalang maupun Festival Kuliner ini,” tambahnya. (MR/AJ)