Semarak Takbir Keliling di Pulau Mandangin

Takbir keliling pulau mandangin
Takbir keliling di Pulau Mandangin, Ahad malam, 1 Mei 2022. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Masyarakat muslim di Indonesia saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Termasuk warga Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur.

Di pulau ini, masyarakat kompak melakukan takbir keliling. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat setempat tiap hari raya lebaran.


Warga Pulau Mandangin, Moh. Hirson mengatakan takbir keliling ini dilakukan oleh komunitas pemuda desa. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan tersebut di samping untuk menyambut kemenangan juga untuk menyemarakkan malam takbiran di desanya.

“Setiap malam takbiran, masyarakat di Mandangin khusunya pemudanya sering takbiran keliling dengan menggunakan pengeras maupun pernak-pernik lainnya,” ujar Hirson pada maduraindepth.com, Ahad (1/5) malam.

Para pemuda di Pulau Mandangin rela menggelontorkan uang pribadinya untuk menyemarakkan malam takbiran. Uang itu digunakan untuk iuran menyewa kendaraan dan membuat sejumlah pernak-pernik lainnya.

“Kami sumbangan untuk beli bensin dan pernak-pernik, karena niatnya hanya untuk memeriahkan saja,” ucapnya.

Takbir keliling di Pulau Mandangin semakin menarik perhatian karena sebagian pesertanya ada yang mengenakan pakaian muslim Arab.

“Biasanya dimulai setelah pukul 19.00 WIB habis salat isya’ dan selsai keliling sampai pukul 21.00 WIB,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here