Sejak Januari – Agustus Angka Laka Lantas di Sumenep Capai 115

0
48
Kecelakaan
Istimewa

maduraindpeth.com – Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Sumenep tahun ini mencapai 115 peristiwa. Hal itu terhitung sejak bulan Januari – Agustus 2019.

Kasatlantas Polres Sumenep AKP Deddy Eka Aprianto menjelaskan, dari 115 peritiwa itu, 53 orang diantaranya meninggal dunia, 3 orang mengalami luka berat dan 186 orang lainnya luka berat. Dari berbagai jenis laka tersebut, kerugian material yang dialami mencapai Rp 384.750.000.

Menurut Eka, jika dibanding tahun sebelumnya angka laka tersebut masih berada di bawahnya. Pada 2018 mencapai 180 kejadian.

“Tapi sekarang masih tahun berjalan, belum akhir tahun. Mudah-mudahan laka lantas 2019 bisa ditekan,” katanya berharap, Kamis (28/8/2019).

Eka mengaku, pihaknya akan terus berupaya menekan angka laka lantas tersebut. Ia mengungkapkan ada tiga langkah yang bakal dilakukannya.

Pertama, langkah preventif dengan cara melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan memasang banner atau spanduk himbauan. Kedua melakukan upaya preventif dengan cara melakukan patroli di jalur blackspot.

Ketiga melakukan upaya represif. “Menindak pengendara yang melanggar aturan lalin,” tandasnya.

Ia berharap, para pengendara baik roda dua atau roda empat mematuhi rambu lalin. “Kendalikan kecepatan saat berkendara dan konsentrasi saat menyetir,” tutupnya. (MR/MH)