Sampang Semarak, Jadi Branding Puncak Peringatan HKN Ke-55

0
42
Pemukulan gong oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Malik Afif, di puncak peringatan HKn ke 55 di Sampang, Selasa, 12 November 2019. (AW/MI)

maduraindepth.com – Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dengan tema ‘Generasi Sehat Indonesia Unggul’ yang digelar di lapangan Wijaya Kusuma berlangsung meriah. Sampang Semarak (Sehat Bersama Rakyat) menjadi branding kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Bupati Sampang yang diwakili Asisten I Pemkab Sampang dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Turut hadir camat se Kabupaten Sampang, AKD, Kepala Puskesmas se Kabupaten Sampang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sampang serta insan kesehatan di Sampang.

“Kami memang memberikan apresiasi kepada kabupaten-kabupaten di Jawa timur yang serius dalam penanganan kasus stunting, karena stunting saat ini sedangkan menjadi isu nasional,” kata Kepala Dinas Kesehatan provinsi Jawa timur melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat, Malik Afif, dalam sambutannya, Selasa (12/11/2019).

Malik juga mengatakan, dengan adanya sejumlah kegiatan kesehatan di Kabupaten Sampang, pihaknya bisa mengkampanyekan bahaya stunting dengan memberikan upaya pencegahan yang lebih edukatif kepada masyarakat.

“Stunting ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan peran dinas kesehatan, kami menitipkan pesan agar semua masyarakat diberbagai kalangan ikut serta dalam upaya penanggulangan kasus stunting,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melalui Asisten I Pemkab Sampang Asroni, memberikan apresiasi kepada jajaran Dinkes Sampang, karena telah mengaktualisasikan pentingnya kesehatan demi terwujudnya peradaban yang berkualitas.

“Sesuai dengan tema yang diambil, hendaknya kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan demi mewujudkan generasi yang sehat dan produktif,” katanya.

Menurutnya, kegiatan pembangunan kesehatan merupakan amanat konstitusi yang harus diperjuangkan secara konsisten. Peningkatan indeks layanan kesehatan tahun 2018 menjadi salah satu bukti pencapaian pembangunan di bidang kesehatan.

“Semoga capaian itu terus meningkat. Sehingga misi terwujudnya SDM berkualitas dan berdaya saing di Kabupaten Sampang dapat terlaksana,” tambahnya.

Dijelaskannya, berdasarkan arahan dari Presiden Republik Indonesia, ada dua isu yang cukup mendasar dalam dunia kesehatan, yakni stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga dua hal tersebut menjadi fokus perhatian pihaknya kedepan.

“Semoga semua komponen penggerak harus mampu berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan,” harapnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi manyampaiakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menjadikan forum silaturahmi dan apresiasi kepada semua pihak yang membantu program Kabupaten Sampang menuju Sampang Hebat dan Bermartabat. Selain itu juga untuk mengkampanyekan program kesehatan di kabupaten Sampang.

“Branding acara ini adalah Sampang Semarak (sehat bersama rakyat) melalui bebas dari kematian ibu dan bayi, bebas masalah gizi balita, bebas stunting, bebas kusta dan TB, bebas buang air sembarangan dan bebas dari pasien ODGJ yang dipasung,” katanya.

Malam puncak resepsi HKN ke-55 kata Agus, merupakan rentetan kegiatan yang telah selesai dilakukan, antara lain kegiatan pemeriksaan, tes kebugaran, lomba olahraga, lomba bidan berprestasi, baksos pelayanan gizi desa stunting, lomba kebersihan di fasilitas kesehatan, lomba paduan suara, lomba asmantoga, dan nantinya akan ditutup dengan jalan-jalan sehat (JJS).

“Dengan Sehat Bersama Rakyat (Semarak) mudah-mudahan ke depan Sampang menjadi Hebat dan Bermartabat,” tukasnya. (AW)