Sampang Jadi Satu-satunya Kabupaten di Madura Peraih Juara PPD

0
355
Bupati Sampang, H Slamet Junaidi (dua dari kanan) bersama kepala daerah peraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) foto bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Foto: dok Istimewa)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menjadi satu-satunya kabupaten di Madura yang mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik kedua di bawah Kabupaten Bondowoso.

Penghargaan itu akan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Slamet Junaidi hari ini, Selasa (9/4/2019) di Grand City Surabaya.

Kabag Humas Pemkab Sampang, Yulis Juwaidi mengatakan PPD merupakan Penghargaan Pembangunan Daerah yang diadakan oleh Bappenas.

Tak lupa, dia juga bersyukur karena Sampang bisa menjadi terbaik kedua. Sementara penghargaan akan diterima langsung oleh Bupati H Slamet Junaidi.

“Tentunya kami berbangga hati meski mendapat juara kedua di bawah Bondowoso. Insya Allah penghargaan PPD akan diterima langsung oleh bapak Bupati sendiri,” tutur Yulis Juwaidi kepada maduraindepth.com, Senin (8/4/2019).

Keberhasilan Kabupaten Sampang kata Yulis, tidak lepas dari inovasi metode perancanaan Pemkab Sampang yang meliputi buttom up dan top down.

“Inovasi yang kami ajukan yaitu integrasi e-planning dan e-budgetting, Sampang Terak dan Universal Health Care (UHC),” terangnya.

Menurut Yulis, bobot penilaian dalam PPD itu meliputi perencanaan 40%, pencapaian pembangunan 40% dan inovasi 20%.

Berdasarkan surat Pengumuman Kab/Kota Pemenang PPD Provinsi Jatim tahun 2019 disebutkan ada 6 Kabupaten dan 3 Kota yang menyabet prestasi PPD. Kabupaten Sampang sendiri mendapat juara terbaik kedua dengan total nilai 77.55 di bawah Kabupaten Bondowoso yang nilainya 77.67.

Surat tertanggal 4 April 2019 itu diterbitkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemprov Jatim. (Mi-Mh/red)