PPKM Naik Level 3, Disdik Sampang Terapkan PTM Terbatas

Siswa SMPN 5 Sampang ketika mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. (Foto : Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat kembali memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas untuk jenjang PAUD/TK/SD/SMP Negeri/swasta.

Perpanjangan PTM tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 420/3415/434.201/2021 tanggal 5 Oktober 2021, tentang perpanjangan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3 dan 2 covid-19 di wilayah Jawa dan Bali


Kepala Disdik Sampang, Edi Subinto mengatakan, SE tersebut sebagai tindak lanjut dari SE yang dikeluarkan Disdik Sampang sebelumnya, serta Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 tanggal 20/9/2021/tentang Level PPKM.

“PPKM kan diperpanjang lagi dari tanggal 5 sampai 18 Oktober 2021. Oleh karena itu kami memperhatikan untuk proses pembelajaran disekolah, kita masih tetap menerapkan PTM terbatas, artinya belum bisa menerapkan PTM 100 persen,” ujarnya, Jumat (8/10).

Lebih lanjut, Edi menyebutkan bahwasannya pemberlakuan PTM itu juga disebabkan karena perubahan atau kenaikan level PPKM di Kabupaten Sampang yang awalnya berada di level 2 kini harus naik ke level 3.

“Sampang saat ini berada di level 3 PPKM, jadi PTM tetap kami berlakukan namun masih terbatas 50 persen, jadi pelaksanaan pembelajarannya diatur pihak sekolah,” ucap Edi.

Menurutnya, PPKM di Sampang jadi level 3 dari SE yang dilayangkan Inmendagri berlaku mulai tanggal 5 hingga 18 Oktober 2021 dan akan di evaluasi kembali dengan memperhatikan penyebaran Covid-19 atau tingkat resiko kecamatan (zona) di Kabupaten Sampang.

Baca juga:  Disdik Sampang Kembali Perpanjang BDR dengan PJJ

“Kami harapkan tetap semangat dalam melakukan proses PTM secara terbatas, tingkatkan dalam penerapan prokes. Hal ini penting agar tidak ada klaster baru paparan Covid-19 dari lembaga pendidikan di Sampang,” pungkasnya. (Alim/Aw)