Pemkab Sumenep Kenalkan Budaya Lewat Batik On The Sea 2019

0
76
Budaya Sumenep
Istimewa

maduraindepth.com – Dalam rangkaian event Sumenep, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan menggelar event spektakuler Batik on The Sea 2019. Festival Layangan Batik Madura ini akan digelar pada Sabtu, 27 Juli 2019 mendatang.

Pantitia Penyelenggara Novi Sujatmiko mengatakan, kegiatan ini akan digelar di pantai Slopeng, Sumenep.

Dia menjelaskan, tujuan digelarnya Festival Layangan Batik ini untuk memelihara permainan tradisional sekaligus memelihara budaya batik. “Kegiatan ini akan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara,” kata Novi Sujatmiko, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, kegiatan ini akan memadukan keindahan pantai Slopeng dengan keluhuran budaya batik. “Selain keindahan wisata pantainya nanti juga akan digabungkan dengan keluhuran budaya batik serta seni layang-layang sebagai sebuah permainan tradisional,” jelasnya.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar Sumenep ini menjelaskan terkait mikanisme parade layangan batik. Setiap peserta dalam kegiatan ini wajib membawa sebuah layangan bermotif batik. Kemudian layangan tersebut akan diterbangkan ke udara.

“Sedangkan untuk bentuknya kami tidak menentukan, bisa saja nanti berbentuk 2 dimensi atau 3 dimensi. Jadi, Parade layang-layang batik merupakan sebuah kegiatan yang menggabungkan antara keindahan seni layang-layang dan tradisi batik,” tutupnya.

Untuk diketahui, akan hadir dalam even tersebut Bupati Sumenep A. Busyro Karim, Kepala Disbudparpora Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata se Jawa Timur. Kemudian Pengusaha se Indonesia, Pengrajin Batik se Jawa Timur, Pengusaha Batik se Jawa Timur, Perancang Busana se Jawa Timur, Pecinta Fashion se Jawa Timur, Fotografer se Jawa Timur dan Pecinta Layang-layang se Jawa Timur. (MR/MH)