Peduli Nelayan Pulau Mandangin, HCML Salurkan Bantuan Jaring Purse Sein

Peduli Nelayan: Kepala desa Pulau Mandangin Saiful Anam menyerahkan bantuan PPM HCML 2020 berupa jaring purse sein kepada nelayan Pulau Mandangin, Minggu (18/10). (AW/MI)

maduraindepth.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap nelayan Desa Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, Husky CNOOC Madura Limited (HCML) – SKK Migas memberikan bantuan jaring kepada para nelayan purse sein setempat, Minggu (18/10). Bantuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan produksi nelayan.

Senior Head of Relation Husky CNOOC Madura Limited (HCML), Hamim Tohari mengatakan, bantuan jaring merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat (PPM) yang langsung menyasar nelayan sebagai kelompok yang bersentuhan dengan operasi.


“Program sejenis ini mendapatkan perhatian lebih serius dari HCML,” katanya, melalui pesan WhatsApp, Minggu (18/10).

HCML, lanjut Hamim, akan terus berkomitmen membantu masyarakat Pulau Mandangin, utamanya kelompok nelayan agar produksi hasil tangkapannya semakin meningkat. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Kami juga sangat bergembira dengan munculnya kelompok-kelompok masyarakat yang peduli terhadap proses pemberdayaan masyarakat. HCML sangat mengapresiasi hal ini,” tambahnya.

Sementara itu, Saiful Anam, Kepala Desa Pulau Mandangin menjelaskan, PPM HCML 2020 berupa bantuan jaring untuk nelayan purse sein merupakan usulan dari para nelayan dihadiri oleh semua pemilik kapal purse sein.

“Alhamdulillah semua nelayan hadir menerima jaring purse sein ini,” ucapnya, usai acara penyerahan yang digelar di Balai Desa setempat.

Meski demikian, Saiful berharap program pemberdayaan kepada nelayan terus ditindaklanjuti oleh perusahaan, terutama program yang menyasar nelayan kecil yang jumlahnya ribuan.

Baca juga:  Musim Angin Barat, Nelayan Pulau Mandangin Tak Bisa Melaut

“Tentunya juga program di bidang kesehatan dan pendidikan agar dilaksanakan pada tahun berikutnya,” imbuhnya.

Nelayan Rasakan Manfaat Langsung

Bantuan jaring melalui PPM HCML 2020 sangat dirasakan manfaatnya langsung oleh para nelayan purse sein Pulau Mandangin. Sebab, di masa pandemi seperti saat ini, para nelayan merupakan kelompok yang paling terdampak Covid-19.

“Bantuan ini sangat bermanfaat bagi nelayan. Ini juga menepis keresahan dan uneg-uneg para nelayan terhadap HCML,” ucap Asmarah, pemilik kapal “Semanggis” kepada MaduraIndepth.com usai menerima bantuan jaring.

Hal senada juga dikatakan oleh Hasan, pemilik kapal purse sein “Salero'”. Menurutnya, PPM HCML 2020 yang dialokasikan ke jaring purse sein sangat bagus karena manfaatnya dirasakan langsung oleh para nelayan.

“Terimakasih kepada HCML yang peduli terhadap nelayan desa Pulau Mandangin,” katanya.

Hal sama juga disampaikan Muarrof. Pemilik kapal purse sein “Pusat” ini mengaku senang dengan bantuan jaring dari HCML. Menurut dia, dibanding program pemberdayaan kepada nelayan sebelumnya, baru kali ini yang benar-benar manfaatnya terasa ke nelayan langsung.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, dimana para nelayan serba kesulitan,” tuturnya. (AW)