Memburu Senja di Bibir Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin

Pulau Mandangin
Pemandangan detik-detik matahari terbenam dilihat dari bibir Pantai Pasir Putih Pulau Mandangin. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Menikmati pantai kala sore hari rasanya tidak lengkap jika belum menantikan cahaya jingga di ujung cakrawala. Cakrawala senja itu benar-benar menjadi pemandangan indah yang amat disayangkan jika dilewatkan.

Seperti di pantai Pasir Putih Mandangin. Pantai yang terletak di Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang, Madura, Jawa Timur ini menawarkan keindahan sempurna. Menyaksikan senja dan menikmati jingga dari bibir pantai beralaskan pasir putih dapat menghilangkan rasa penat pasca aktivitas seharian.


Pantai Pasir Putih Mandangin dipenuhi dengan pecahan batu karang dihiasi pasir yang putih layaknya kristal. Ketika deburan ombak menerjang bebatuan karang memberi irama ‘desiran air laut’ tersendiri. Suasana syahdu itu dilengkapi dengan angin sepoi, menambah kenikmatan saat detik-detik pergantian sore ke malam hari di pantai Pasir Putih.

Karena itu, para warga lokal yang datang juga tidak mau ketinggalan mengabadikan momen matahari terbenam. Meski suasana mulai gelap, tetap tak menyurutkan keinginan mereka mengambil foto detik-detik matahari tenggelam di ufuk barat.

Apalagi, bagi mereka yang doyan selfi, tentu pemandangan jingga di ujung cakrawala sangat indah jadi latarnya.

“Kalau sore hari di pantai ini pasti ramai pengunjung, pemandangan pantai cukup indah membuat warga yang ingin menikmati keindahan sore hari sangat antusias, apalagi di desa jarang tempat hiburan,” kata seorang pengunjung, Sadani (21) pemuda asal Pulau Mandangin, Kamis (2/9).

Baca juga:  Ruang Inap Puskemas Pulau Mandangin Kembali Dibuka

Menurut dia, setiap sore hari pantai yang terletak di daerah bagian ujung barat Desa Pulau Mandangin ini selalu menjadi destinasi orang-orang dikala sore hari, baik orang dewasa maupun anak muda, terutama yang ingin menikmati keindahan pantai tersebut.

Sebab tempat itu mampu menyajikan tenggelamnya matahari secara leluasa, sehingga pengunjung bisa melepas penat dengan pemandangan senja yang tidak mudah dijumpai di tempat lain.

“Ketika matahari hampir terbenam, pemandangan di pantai ini cukup indah, matahari yang perlahan-lahan terbenam terlihat jelas. Sehingga apabila ingin mendapat latar belakang foto yang bagus di sini sangat tepat, pasti hasilnya cukup indah,” ujar Sadani.

Biasanya kalau warga datang ke lokasi ini tak ingin cepat pulang sebelum matahari terbenam. Karenanya mereka rela menunggu lama sembari bersantai di hamparan pasir putih, hingga suasana mulai gelap agar bisa mendapatkan pemandangan indah di bibir pantai.

“Pantai pasir putih salah satu kekayaan alam yang indah dimiliki Desa Mandangin, kalau sore hari lokasi ini cocok untuk penikmat matahari saat terbenam, saya harap kondisi lingkungan di sekitarnya lebih dibersihkan, karena masih terlihat sampah bertebaran di bibir pantai,” harapnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here